Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benelli TnT600 dengan Rupa “Zaku” Gundam

Kompas.com - 18/03/2016, 13:24 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Sumber paultan

Jakarta, KompasOtomotif –
Banyak bentuk-bentuk yang bisa diaplikasikan ketika memodifikasi sepeda motor. Pilihan tentunya disesuaikan dengan gaya dan selera pemilik atau sang pemodifikasi.

Seperti salah satunya hasil karya Kenny Yeoh, yang membuat tampilan Benelli TnT600 lansiran 2013 dengan rupa “Zaku”, seragam militer di kartun Gundam. Pria asal Malaysia ini merasa tertantang, pasalnya si pemilik motor membebaskan Kenny, untuk melakukan apapun pada tunggangannya.

Diawali dengan melucuti tubuh sepeda motor naked 600cc ini, lantas Yeoh mulai mempertimbangkan ubahan yang pas, tentu dengan hitung-hitungan matang. Akhirnya konsep Gundam tersebut jadi pilihan Yeoh.

Hanya menyisakan mesin dan girboks saja, Benelli kemudian dilengkapi dengan komponen-komponen copotan asli lokal. Dari bagian depan, lampu utama bawaan pabrik diganti dengan model lampu proyektor custom, menghasilkan tampilan tajam serta futuristik.  Komponen tesebut diletakkan lebih rendah dibanding posisi aslinya.

Paultan.org Tampilan bagian depan hingga belakang yang futuristik.

Setang juga diubah dengan model clip-on (jepit) yang disetel rendah pada fork up side down. Kemudian dibanding aslinya, tubuh “Zaku” dibuat lebh pendek dengan menanggalkan frame bagian belakang.

Pada saluran pembuangan, Yeoh menghilangkan model lama, dan menggantinya dengan knalpot custom yang memiliki pipa khusus. Kali ini tampilan knalpot tidak muncul keluar, hanya berada di bawah foot step kanan, dekat dengan pangkal lengan ayun.

Dalam setiap modifikasi yang dilakukan, Yeoh memilih untuk menekankan kualitas daripada kuantitas. Untuk hasil yang bagus, Yeoh hanya mengerjakan satu proyek hingga selesai, tidak mencampurnya dengan pengerjaan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com