Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minerva 250 “Bersolek” ala Scrambler

Kompas.com - 16/03/2016, 17:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
Sudah jadi santapan rumah modifikasi Baru Motor Sport (BMS) melayani konsumennya, yang ingin punya tampilan sepeda motor berbeda dari yang lainnya. Kali ini proyek yang rampung digarap yaitu Minerva 250 fairing, diubah bergaya Scrambler.

Ariawan Wijaya, pemilik BMS menceritakan, kalau proses yang dilakukannya tidak sampai merubah rangka asli bawaan pabrik. Tujuannya agar sepeda motor masih bisa enak digunakan dan proses modifikasi bisa dilakukan dengan mudah, tanpa memakan waktu lama.

“Kami punya sistem pengerjaan sendiri, mulai dari konsep sampai finishing, seperti pada Minerva ini. Jadi dengan itu, akan memperkecil kemungkinan gagal,” ujar Ari kepada KompasOtomotif, Selasa (15/3/2016).

Ari melanjutkan, modifikasi ini bukan hanya sekedar tampilan, tapi pemilik juga ingin sepeda motornya bisa nyaman digunakan, karena sebelumnya sering meraskan pegal. Selain rangka asli, modifiasi juga dilakukan dengan menambahkan frame dan engine guard, untuk melindungi mesin bagian bawah.

Istimewa Modifikasi bergaya Scrambler.

Untuk bagian kaki-kaki, suspensi bagian depan masih menggunakan komponen bawaan, dengan jenis up side down. Lalu pelek dibuat lebih besar dibanding aslinya, depan berukuran 2 inci dan belakang 4,5 inci, dengan diameter 17 inci.

“Pelek juga dilapisi dengan ban yang cukup mahal, dengan kualitas special compounds. Ban ini sanggup diajak untuk berkendara di dua medan (dual purpose), bebatuan dan tanah,” tutur Ari.

Kemudia lanjut Ari, ubahan lain yang kentara terlihat yaitu pada desain tangki, yang di-custom oleh BMS. Semakin memperkuat konsep Scrambler, leher knalpot juga dimodifkasi ala motor dual purpose, sementara untuk bagian silencer menggunakanmerek ProSpeed MF asal Taiwan.

“Setang berjenis fatbar, lampu depan dan sein mengadopsi model Harley. Sepeda motor ini tidak banyak yang diganti, dan mash didominasi komponen asli,” ujar Ari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com