Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Keluar Kandang Cari Ilmu "Safety Riding"

Kompas.com - 16/03/2016, 15:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Cari ilmu bisa ke mana saja. Polisi, seperti kita tahu sebagai penegak hukum di jalanan, ternyata masih berguru pengetahuan keselamatan berkendara. Jadi, polisi belum tentu paham soal berlalu lintas yang baik dan benar sesuai perkembangan jaman.

Pada Senin (14/3/2016), 27 polisi asal berbagai Mapolsek ikut pelatihan safety riding yang digelar diler utama Honda, Wahana Makmur Sejati (WMS) di trek khusus di Tangerang. Setiap peserta merupakan pasukan terdepan dalam kampanye tertib lalu lintas di wilayahnya masing-masing.

Pesertanya bukan sembarangan polisi, sebab individu itu hasil seleksi Subdirektorat Pendidikan dan Rekayasa (Subdit Dikyasa) Ditlantas Polda Metro Jaya. Mereka semua diajarkan teori dan praktek berkendara roda dua yang menunjunjung keselamatan berkendara.

Wahana Makmur Sejati (WMS) Polisi peserta safety riding yang digelar diler utama Honda di Jakarta dan Tangerang, Wahana Makmur Sejati, memerhatikan pelatihan yang diberikan.
Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Agustin Susilowati menjelaskan polisi perlu juga ikut pelatihan seperti ini agar tahu kemajuan ilmu keselamatan berkendara. Hal ini sebenarnya sangat positif, polisi diajarkan hal-hal baru di luar pendidikan formal agar tidak kaku di lapangan.

“Pelatihan ini merupakan satu ajang untuk mengetahui perkembangan safety riding, juga sebagai review teori sekaligus praktek safety riding agar polisi semakin profesional,” Agustin, dalam siaran resmi WMS, Selasa (15/3/2016).

Head of Safety Riding Promotion WMS Agus Sani menerangkan, selama pelatihan peserta polisi itu diberikan pengetahuan dari hal kecil hingga besar. Misalnya, teknik pengereman, berkendara zig-zag, keseimbangan, dan slalom. Tidak ada jalur khusus, semua polisi mengikuti pelatihan seperti kalangan umum dan pelajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com