Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Balap Rio Mirip Metromini, Pertamina Angkat Bicara

Kompas.com - 15/03/2016, 10:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
 — Pertengahan bulan lalu, Manor Racing meluncurkan mobil Formula 1 (F1) dengan desain baru, MRT05. Hampir semua situs penggemar F1 mewartakan kabar gembira itu, tak terkecuali Indonesia sebab tunggangan tersebut bakal menjadi kendaraan Rio Haryanto saat balapan.

Para netizen dari luar negeri dan Tanah Air menyambut positif warna baru dari mobil balap Rio dan Pascal Wehrlein yang didomonasi oleh oranye dan biru itu. Akan tetapi, orang Indonesia selalu punya cara berbeda dalam merayakan kelahiran "sang jabang bayi" MRT05.

Di beberapa media sosial, seperti Path, Instagram, Facebook, dan Twitter, banyak yang "mencibir" kalau mobil balap Rio dan Pascal itu mirip dengan bus metromini. Menanggapi hal itu, PT Pertamina (Persero), selaku sponsor utama Rio, mencoba meluruskan.

Twitter/@Taufik_live F1 Manor MRT05 vs Metromini

Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengungkapkan, jika dilihat aslinya, warna oranye di MRT05 itu lebih kepada merah. Sebab, pemilihan kelir itu ada filosofinya.

"Sebenarnya, warna gradasinya itu sangat mirip dengan baju safety Pertamina untuk semua lini bisnis. Di baju tersebut, ada warna merah, garis putih, dan lebih banyak warna birunya," kata Wianda di kantor pusat Pertamina, di Jakarta Pusat, Senin (14/3/2016).

Wianda berharap, setelah klarifikasi ini, masyarakat bisa menilai bahwa warna mobil balap Rio di F1 musim 2016 sangat berbeda dengan bus metromini. Sebab, itu bukan oranye, melainkan merah.

"Jadi, seharusnya tidak se-oranye seperti yang di gambar-gambar, tetapi merah seperti warna Pertamina. Hal itu dilakukan karena sejauh ini kita adalah sponsor utama Rio Haryanto di tim Manor Racing," ungkap Wianda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com