Mobil Hidrogen Honda Dijual Mulai Rp 880 Juta - Kompas.com

Mobil Hidrogen Honda Dijual Mulai Rp 880 Juta

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 11/03/2016, 12:53 WIB
Worldcarfans Honda Clarity Fuel Cell.

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah tampil di Tokyo Motor Show pada Oktober 2015, mobil bertenaga hidrogen Honda, Clarity, sekarang mulai dijual di Jepang. Sedan 5-penumpang berteknologi fuell-cell ini dijual domestik seharga 7,66 juta yen (Rp 880 juta).

Clarity memiliki motor listrik bertenaga 130 kW (177 PS) yang menghasilkan torsi 300 Nm. Tangki  hidrogen berkapasitas 141 liter apabila terisi penuh maka membuat perjalanan dapat ditempuh sejauh sekitar 750 km. Semua perlengkapan canggih yang dibawa menjadikan berat Clarity mencapai 1.890 kg.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda Clarity Fuel Cell bakal menjadi FCV pertama yang diproduksi massal.
Honda juga menjual optional Power Exporter 9000 yang berfungsi mengubah Clarity jadi sumber tenaga (generator) dengan empat roda. Honda mengatakan dengan alat yang dibanderol 1,18 juta yen (Rp 135,6 juta) itu mobil dapat menyuplai listrik rumah tangga selama sepekan.

Seakan menyadari teknologi yang terlalu canggih dan mahal, Honda mengatakan hanya ingin menjual 200 unit Clarity pada tahun pertama. Selain itu fokus pemasarannya sebagai kendaraan sewa buat departemen pemerintahan dan bisnis.

Setelah Jepang, Clarity rencananya bakal diperkenalkan di Eropa dan Amerika Serikat sebelum pergantian tahun.

PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM