Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Hidrogen Honda Dijual Mulai Rp 880 Juta

Kompas.com - 11/03/2016, 12:53 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah tampil di Tokyo Motor Show pada Oktober 2015, mobil bertenaga hidrogen Honda, Clarity, sekarang mulai dijual di Jepang. Sedan 5-penumpang berteknologi fuell-cell ini dijual domestik seharga 7,66 juta yen (Rp 880 juta).

Clarity memiliki motor listrik bertenaga 130 kW (177 PS) yang menghasilkan torsi 300 Nm. Tangki  hidrogen berkapasitas 141 liter apabila terisi penuh maka membuat perjalanan dapat ditempuh sejauh sekitar 750 km. Semua perlengkapan canggih yang dibawa menjadikan berat Clarity mencapai 1.890 kg.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda Clarity Fuel Cell bakal menjadi FCV pertama yang diproduksi massal.
Honda juga menjual optional Power Exporter 9000 yang berfungsi mengubah Clarity jadi sumber tenaga (generator) dengan empat roda. Honda mengatakan dengan alat yang dibanderol 1,18 juta yen (Rp 135,6 juta) itu mobil dapat menyuplai listrik rumah tangga selama sepekan.

Seakan menyadari teknologi yang terlalu canggih dan mahal, Honda mengatakan hanya ingin menjual 200 unit Clarity pada tahun pertama. Selain itu fokus pemasarannya sebagai kendaraan sewa buat departemen pemerintahan dan bisnis.

Setelah Jepang, Clarity rencananya bakal diperkenalkan di Eropa dan Amerika Serikat sebelum pergantian tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com