Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Bengkel Spesialis Sepeda Motor Matik

Kompas.com - 09/03/2016, 11:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
Semakin bertambahnya populasi skuter matik, jadi salah satu alasan Robbi Swastara membuka bengkel spesialis skutik, Sahabat Matic. Bengkel yang berlokasi di Jalan Pondok Kelapa nomor 58, Jakarta Tmur ini, bisa jadi alternatif yang bisa disambangi.

Selain, Sahabat Matic, masih ada beberapa bengkel spesialis skutik lain, seperti Bengkel Takutic yang berlokasi di Jalan Kebagusan Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lalu juga ada lagi Clinic Motor di Jalan Skuadron Halim, Jakarta Timur.

Khusus untuk Sahabat Matik yang sempat dikunjungi KompasOtomotif, menyediakan jasa servis rutin, perbaikan ringan hingga turun mesin berat. Tarif yang ditawarkan beragam, sesuai dengan jenis penanganan.

“Awalnya sang pemilik melihat pengguna skutik yang besar dan punya potensi bagus, lalu kemudian membuka bengkel ini. Kami menyediakan segalam macam servis ringan dan besar, sesuai yang dibutuhkan pemilik kendaraan,” ujar Sigit Prayitno, Kepala Bengkel Sahabat Matic, kepada KompasOtomotif, Selasa (8/3/2016).

Sigit menambahkan, bengkel ini hanya melayani perbaikan skutik standar, tidak menyediakan “oprekan” untuk performa atau yang lainnya. Layanan ini dipilih agar kendaraan yang digunakan konsumen lebih aman dan tahan lama, sesuai dengan aturan pabrikan (bengkel resmi).

“Kami bermain standar, untuk mengejar nyamannya berkendara skutik. Kalau ngoprek bagian continously variable transmission (CVT) misalnya untuk performa, pasti tidak akan pernah ada puasnya. Lebih dari itu, berisiko juga terhadap keawetan skutik,” ujar Sigit.

Sigit melanjutkan, komponen atau suku cadang yang disediakan juga asli seperti pada bengkel resmi. Untuk servisnya sendiri, terdiri dari perawatan rutin (22 check point) Rp 40.000, CVT Rp 30.000, pemeriksaan kelistrikan Rp 20.000, lalu untuk turun mesin Rp 150.000, serta masih ada beberapa pelayanan lain yang disediakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com