Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Sederhana Ganti “Wiper” Sendiri!

Kompas.com - 04/03/2016, 16:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Jadi pemilik mobil jangan manja! Jangan semua urusan terkait mobil harus ke bengkel, salah satunya mengganti bilah wiper yang tergolong sederhana, dan Anda bisa mengerjakannya sendiri di rumah.

Lagipula bila mobil sendiri dijamah tangan sendiri tandanya punya perhatian lebih. Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI) berbagi informasi tentang penggantian wiper. Pertama yang wajib diketahui kapan penghapus kotoran kaca itu harus diganti. 

Menurut TEVCI, wiper wajib diganti bila bekerja menyisakan kotoran atau bercak air di kaca. Kondisi lain, jika wiper sudah mengeluarkan bunyi “mencicit”. Hal ini berlaku untuk wiper kaca depan dan belakang.

Bila harus diganti, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, untuk memudahkan penggantian sebaiknya posisi wiper berada di atas. Ada triknya buat yang satu ini, yaitu hidupkan wiper sampai posisi atas lalu putar kunci kontak sampai off.

Tips pemasangan dari TEVCI, pastikan wiper pengganti punya panjang ukuran yang sama, pasang sampai bunyi “klik” lalu pasang pengunci dengan baik.

Kaca depan dan belakang ibarat layar monitor yang berisi informasi atas kondisi di luar mobil buat pengemudi. Jika fungsinya berkurang karena terhalang, misalnya oleh cipratan air, kotoran, atau hujan, maka wiper yang bertugas membersihkannya.

Jika gagal membersihkan pengemudi akan kekurangan informasi yang bisa berpengaruh pada pengambilan keputusan. Maka itu kendati kerap disepelekan, fungsi wiper krusial untuk keselamatan berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com