Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

T-Bike, Aplikasi Pintar buat "Biker"

Kompas.com - 03/03/2016, 14:11 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif - Rawannya pencurian dan kecelakaan sepeda motor di Indonesia mendorong Telkomsel selaku operator telekomunikasi untuk meluncurkan layanan machine to machine (M2M), T-Bike. Aplikasi ini mampu memonitor, memandu, dan mengendalikan motor dari ponsel pintar.

"Sepeda motor telah menjadi moda transportasi pilihan utama masyarakat Indonesia sehingga untuk melengkapi kenyamanan masyarakat dalam menggunakannya, kami menawarkan inovasi teknologi T-Bike yang hadir sebagai solusi digital untuk berkendara sepeda motor," ujar Vice President M2M Business Telkomsel Jaka Susanta di Emperica, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (3/3/2016).

T-Bike ini, lanjut Jaka, memiliki dua keunggulan utama, yaitu fitur lengkap seperti memonitor, memandu lokasi, kecepatan, area berkendara, serta mengendalikan akses mesin motor dari aplikasi di ponsel cerdas berbasis Android dan iOS. Keunggulan kedua, yaitu cara pemasangan yang mudah serta cepat.

Tak hanya itu, T-Bike juga didukung sistem GPS yang canggih sehingga mampu mendukung operasional dan pengelolaan armada secara real time (tracking and fleet management), efisien, pelaporan detail perjalanan, pembatasan wilayah opeeasional, dan kecepatan.

Pemasangan

Instalasi T-Bike pada kendaraan sepeda motor bermesin injeksi bisa dilakukan cepat dan mudah karena dengan plug-in device, tidak perlu lagi dilakukan pemotongan kabel dan tidak akan menguras baterai kendaraan.

Aplikasi ini juga mendukung upaya peningkatan ketertiban berkendara dengan adanya fitur khusus bagi pengendara dan pemantau yang terintegrasi.

Pada kesempatan yang sama, Alfian Manulang, GM M2M Product Development Telkomsel, menjelaskan bahwa mengenai harga dibanderol di bawah Rp 1 juta dan saat ini hanya tersedia di jaringan Telkomsel di wilayah Jabodetabek.

"Kami belum bisa menyebutkan harga pastinya karena langsung berhubungan dengan jaringan penjualan, tetapi dipastikan di bawah Rp 1 juta dan garansi serta termasuk berlangganan selama satu tahun," ujar Alfian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com