Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diler Ford Masih Berusaha Jualan Mobil

Kompas.com - 29/02/2016, 16:44 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif — Masalah soal keputusan Ford Motor Indonesia (FMI) menghentikan bisnisnya di Tanah Air terus menimbulkan berbagai dampak. Kali ini menyasar pada kelanjutan bisnis diler yang dipegang perusahaan lokal Indonesia.

Situasi diler Ford saat ini menunjukkan bahwa kegiatan operasional berupa pelayanan konsumen masih berjalan, meskipun tidak normal.

Menurut Nugroho Suharlim, Chief Operating Officer Auto Kencana Group (AK), di Tangerang, Minggu (28/2/2016), diler perusahaan khusus Ford berkomitmen terus melanjutkan bisnis penjualan, melayani garansi, servis, dan pembelian suku cadang. Meski begitu, Nugroho tidak bisa memastikan kapan tepatnya FMI akan menyatakan berhenti. 

Total diler Ford di Indonesia mencapai 44 unit, 10 di antaranya milik AK.

“Kami masih melakukan aktivitas jual beli, tapi bisnisnya mengecil. Kalau dulunya cabang menangani 20 pesanan, sekarang di Jakarta misalnya cuma jual 50 unit. Kami masih tetap menerima pembelian. Masih ada yang beli, masih ada SPK (surat pemesanan kendaraan) baru kok,” ujar Nugroho.

Tahun ini FMI masih mengimpor unit dari Thailand, menurut Nugroho, pengiriman terakhir datang pada Februari-Maret. “Yang sudah diproduksi di Thailand tetap masuk, spesifikasinya kan untuk Indonesia. Sudah keburu dipesan, mungkin Maret baru stop produksi,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com