Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Pertama bersama "Minimoto" Kawasaki Z125

Kompas.com - 29/02/2016, 14:34 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
 — PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menyatakan bahwa Z125 merupakan sepeda motor mini (minimoto) yang mengadopsi desain keluarga Z-series. Persamaannya terlihat dari desain yang mirip dengan Z250R, tetapi versi mini.

Mulai dari tampilan depan, bentuk lampu terlihat agresif. Tangki bahan bakar mengadopsi desain model Z sehingga terlihat sangat tangguh dan berkarakter.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Lampu depan Kawasaki Z125

Meter cluster juga dibuat sporty dengan mengadopsi LCD digital dan tachometer analog. Pusat informasi itu menampilkan berbagai hal, seperti indikator posisi gigi dan level bahan bakar.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Meter Cluster Kawasaki Z125

Uniknya, bentuk knalpot diletakkan di bawah mesin dan terlihat kompak serta padat. Bahkan, diklaim desain lampu belakang diambil dari Kawasaki Z800.

Posisi berkendara

istimewa Test Ride Kawasaki Z125

Setelah peluncuran, KMI membuka sesi test ride yang bertempat di Pit Stop Karting, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, untuk para awak media otomotif nasional, termasuk KompasOtomotif.

Ketika duduk di atas sadel, biker dengan postur 178 cm terasa cukup nyaman. Segitiga berkendara, antara posisi setang, pijakan kaki, dan sadel Z125 didesain agak tegak sehingga relatif nyaman, jarak tanah dengan jok juga cuma 780 cm.

Meski dibekali ban kecil, 12 inci, sensasi berkendaranya mirip sepeda motor ukuran standar. Kenyamanan berkendara bisa terjaga baik ketika jalan maupun bermanuver di lintasan. Z125 yang memiliki panjang 1.700 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.005 mm itu lincah, mudah diajak meliuk-liuk di tikungan tajam.

"Handling"


Ayunan suspensi depan dengan garpu inverted 30 mm dan sok tunggal di buritan dengan offset laydown, menjadikan motor ini tetap stabil, saat digeber kecepatan tinggi.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Kawasaki Z125

Namun, menggunakan ban depan 100/90-12 49J dan belakang 120/70-12 51L, ada kelemahannya. Saat mencoba miring di tikungan dengan kemiringan sekitar 30-40 derajat, ban belakang terasa ikut goyang.

Mungkin jika menggunakan ban dengan ukuran yang lebih besar, akan terasa lebih stabil.

Nah, sudah puas membahas desain, posisi berkendara, dan handling, di artikel selanjutnya KompasOtomotif akan mengupas bagaimana performa dari Z125 ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com