Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuras Tangki Bukan Termasuk Servis Rutin Bengkel Resmi

Kompas.com - 24/02/2016, 08:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menguras tangki bahan bakar mobil tidak masuk dalam servis berkala kendaraan di bengkel resmi Toyota. Maka itu sebenarnya tidak ada aturan baku kapan tangki seharusnya dibersihkan total.

Iwan Abdurrahman, Technical Service Division Toyota Astra Motor, menjelaskan, jadwal menguras tangki tidak pakai ukuran angka odometer. Pengerjaannya tergantung kebutuhan, sesuai kesehatan mobil dan gejala yang dirasakan pengemudi.

“Faktanya, tergantung kualitas bahan bakar yang masuk,” ujar Iwan, Senin (23/2/2016).

Kendati tidak masuk dalam menu perawatan rutin, kuras tangki bisa dilakukan di bengkel resmi Toyota sesuai kondisi atau permintaan konsumen. Biayanya disesuaikan standar upah jam kerja teknisi berdasarkan model.

Misalnya, pada Avanza kuras tangki butuh waktu dua jam. Sementara satu jam kerja dihitung sekitar Rp 130.000. Beda lagi dengan Innova, satu jam kerja sekitar Rp 240.000, karena butuh dua jam berarti hampir Rp 500.000.

Tangki bahan bakar kotor adalah sumber penyakit yang sering luput dari pengecekan. Kotoran yang mengendap berpotensi menyumbat suplai bahan bakar ke mesin hingga membuat kerja mesin tidak beres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com