Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek-merek yang Terpuruk Pada Januari

Kompas.com - 22/02/2016, 14:44 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kia bukan satu-satunya merek yang terekam tidak melakukan aktivitas penjualan(wholesales) menurut data Gaikindo pada Januari 2016. Selain Kia ada perwakilan Jepang yaitu Subaru, Geely asal China, serta Chrysler (grup Garansindo), dan Jaguar sebagai wakil Eropa.

Kia sudah mengonfirmasi, data wholesales perusahaan masih tertahan di internal dan belum dilaporkan ke Gaikindo. Inilah alasan penjualan Kia tidak terekam. Kia mengklaim masih bergerak wholesales ataupun ritel pada Januari.

Sejak dua tahun lalu Subaru bermasalah terkait pajak impor. Bukan hanya tahun ini penjualan Subaru berhenti mulai 2014. Geely menjual 135 unit pada 2015, Chrysler 598 unit, sedangkan Jaguar 27 unit, belum diketahui mengapa tidak ada rekaman data dari ketiga merek itu pada Januari.

Penjualan Terendah

Data Gaikindo juga mengungkap merek mana yang menjual mobil paling mendekati angka nol pada Januari 2016. Beda paling tipis yaitu Infiniti. Merek mewah Nissan ini menjual 1 unit model yang meluncur pada Oktober 2015, SUV premium QX80.

Merek kedua yakni Peugeot asal Prancis, menjual 2 unit. Lantas diikuti Renault dan Land Rover yang sama-sama menjual 3 unit.

Ford yang sudah mengatakan bakal hengkang dari Indonesia pada paruh kedua 2016, masih menjual mobil. Catatannya Everest 55 unit dan 1 unit pikap Ranger.

Berikut daftar penjualan mobil terendah pada Januari 2016:
Subaru 0 unit
Geely 0 unit
Kia 0 unit
Chrysler 0 unit
Jaguar 0 unit
Infiniti 1 unit
Peugeot 2 unit
Renault 3 unit
Land Rover 3 unit
Audi 9 unit
Lexus 33 unit
Proton 53 unit
VW 56 unit
Ford 56 unit
Hyundai 66 unit
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com