Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besut “All New” Honda CBR150R di Sentul

Kompas.com - 22/02/2016, 08:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Bogor, KompasOtomotif
– Puas membahas desain, fitur, posisi berkendara dan handling, kini tiba saatnya mencoba merasakan bagaimana performa dari All New Honda CBR150R. Dalam pengujian ini, PT Astra Honda Motor (AHM) memilih tempat di Sirkuit Karting Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Setelah mengenakan perlengkapan keamanan atau safety gear, KompasOtomotif langsung duduk di atas jok dan memutar kunci kontak ke posisi on. Suara knalpotnya memang kurang sangar, tetapi klaim tenaga dan torsi, cukup mumpuni.

Masuk ke lintasan, genggaman gas langsung diputar penuh, sengaja menggeber All New CBR150R di trek lurus yang panjang lintasannya sekitar 150 meter hingga 200 meter. Tenaga dan torsi besar dari mesin berkapasitas 149,16 cc, DOHC, empat katup ini sudah bisa dirasakan pada putaran mesin rendah.

istimewa Test Ride All New Honda CBR150R

Begitu juga pada lintasan yang berkelok-kelok, yang mudah dikendalikan dan stabil. Perpindahan giginya cukup halus dan pengaturan koplingnya juga terasa nyaman.

Bodi All New Honda CBR150R diklaim Honda lebih kompak. Hal itu terjadi berkat rear cowl yang lebih pendek. Namun swing-arm dan jarak sumbu roda dibuat lebih panjang, sehingga kestabilan lebih terjaga.

Mesin DOHC yang ditanamkan pada All New Honda CBR150R ini diklaim merupakan generasi terbaru. Tetapi, benar saja, torsi besar di tarikan awal sampai menengah dirasakan cukup baik.

Hanya saja, pada saat putaran mesin tinggi, tenaga serta torsinya terasa kurang galak atau mulai menurun.

Kesimpulan

Aditya Maulana, KompasOtomotif Test Ride All New Honda CBR150R

Secara keseluruhan, All New Honda CBR150R menawarkan desain yang lebih apik, seolah agresivitasnya naik satu tingkat dari model sebelumnya. Karakter mesin sengaja disesuaikan dengan kondisi jalan perkotaan yang menuntut banyak "stop and go". Terasa galak di outaran bawah dan menengah.

Untuk posisi duduk, serta pijakan kaki masih mumpuni untuk menemani aktivitas sehari-hari. Tapi, buat Anda yang berminat, pastikan sudah mencoba beberapa kompetitor di segmen sama, yakni Yamaha R15 atau Kawasaki Ninja Mono. Jangan sampai keputusan yang diambil tidak sesuai dengan sensasi ketika mengendarainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com