Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan Pertama Mengendarai "Motor Sport Marquez"

Kompas.com - 22/02/2016, 08:03 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Bogor, KompasOtomotif
– PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan generasi terbaru CBR150R di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (14/2/2016). Serunya, peluncuran ini dihadiri langsung oleh duo pebalap andalan tim Repsol Honda di ajang MotoGP, yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Sambil berjumpa para penggemarnya, di sesi terakhir acara dua pebalap asal Spanyol itu melakukan aksi memukau mengendarai "All New" CBR150R. Lewat aksi burn out, para fans terlihat bersorak sampai seluruh tribun penonton bergemuruh. Sejak 2015, Marquez memang sudah didapuk sebagai duta produk ini, sepertinya berlanjut sampai saat ini.

Selang beberapa hari diluncurkan, AHM kembali mengajak awak media otomotif nasional, termasuk KompasOtomotif  untuk menjajal keunggulan yang dimiliki sepeda motor sport full fairing tersebut di Sirkuit Karting Sentul, Bogor.

Nah, penasaran bagaimana rasanya menunggangi motor sport full fairing yang diluncurkan Marquez dan Pedrosa itu? Berikut ulasannya:

Desain

Aditya Maulana, KompasOtomotif Test Ride All New Honda CBR150R

Dari tampilannya, All New Honda CBR150R terlihat jauh lebih racy ketimbang model sebelumnya. Ubahan paling signifikan terjadi pada bagian wajah, bentuk bodi, dan desain fairing. Garis-garis tajam jauh lebih dominan, menghapus kesan kalem yang cenderung melekat pada model terdahulunya.

Honda mengklaim ubahan ini tidak lain untuk memberikan kendali penuh yang menyenangkan sesuai dengan keinginan pengendara.

Pada meter cluster ubahan juga dilakukan, sekarang sudah full digital. Pusat informasi ini menampilkan berbagai Hal, seperti takometer, spidometer, odometer, tripmeter A dan B, fuel meter, jam, gear position, dan fuel consumption.

Uniknya lagi, ketika kontak dimatikan, ada tulisan See You, mencoba membuat koneksi emosional antara konsumen dengan tunggangannya.

Posisi Berkendara

istimewa Test Ride All New Honda CBR150R

Saat duduk di atas sadel, pengendara dengan postur 178 cm ini cukup nyaman. Kaki bisa menapak ke aspal dengan ideal. Segitiga berkendara CBR150R terbilang relatif nyaman. Meski punya tampilan sepda motor sport "full fairing" , posisi duduk dibuat agak tegak segingga cukup ideal untuk para komuter yang biasa melakukan perjalanan menengah sampai jauh.

Setelah motor mulai melaju, lalu kedua kaki bertumpu pada foot step yang posisinya juga agak rata, sejajar dengan aspal, membuat kenyamanan tetap terjaga.

Saat diajak manuver, dengan kemiringan 30-40 derajat, masih tetap nyaman. selain itu, jok penumpang belakang dibuat ada talinya, sehingga yang dibonceng bisa pegangan padanya.

Pada model sebelumnya, penumpang belakang bisa berpegangan pada braket yang ada di jok, tetapi di generasi terbaru ini dihilangkan.

Handling

istimewa Test Ride All New Honda CBR150R

Bicara handling, All New Honda CBR150RR memiliki karakter yang cukup nurut. Motor yang memiliki panjang 1.983 mm, lebar 694 mm, tinggi 1.038 mm serta jarak sumbu roda 1.311mm ini sangat mudah dikendarai dalam posisi apapun.

Ketika diajak meliuk-liuk di Sirkuit Karing Sentul pun cukup stabil. Kestabilannya itu didukung oleh  suspensi depan yang menggunakan teleskopik serta belakang lengan ayun dengan suspensi tunggal (sistem Pro-Link).

Penggunaan bannya berukuran 130/70-17 untuk belakang dan 100/80-17 depan juga dinilai sudah cukup ideal. Dari segi tampilan tidak terlihat terlalu besar dan juga terlalu kecil serta saat diajak bermanuver tetap mumpuni.


Lantas bagaimana dengan performanya? Simak di artikel selanjutnya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com