Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kabar "Mobnas" Esemka?

Kompas.com - 22/02/2016, 07:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Gaung mobil nasional Esemka begitu nyaring terdengar sampai ke seluruh pelosok negeri Tanah Air dan berhasil memperkenalkan Joko Widodo sebagai Walikota Solo, pada 2012 lalu. Lantas, sekarang apa kabar proyek mobil yang digagas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini sekarang?

Tahun lalu, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) resmi dipinang oleh perusahaan pimpinan AM Hendropriyono, PT Adiperkasa Citra Lestari. Kedua perusahaan itu bekerjasama untuk menggarap proyek mobil nasional (mobnas) Esemka.

Lama tak terdengar kabarnya, kini kedua perusahaan itu dikabarkan  tengah menyiapkan segala sesuatu untuk memproduksi mobil Esemka. Kabar terbarunya, Esemka akan diproduki mulai paruh kedua tahun ini.

“Kamu tahu dari siapa?,” tanya Direktur Pemasaran dan Komunikasi Publik PT Solo Manufaktur Kreasi Sabar Budhi saat dihubungi KompasOtomotif, belum lama ini.

Sabar menjelaskan, pihaknya belum bisa menjawab apakah itu benar atau tidak. Sebab, belum ada kesepakatan siapa yang akan mengumumkan kepada masyarakat.

“Kita belum bisa berikan informasinya. Mungkin bisa ditanyakan langsung kepada beliau (Hendropriyono) agar lebih jelas, karena beliau yang memiliki wewenang untuk sekarang ini,” kata Sabar.

Sampai berita ini diturunkan, mantan Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) itu belum menjawab pesan singkat dari KompasOtomotif dan terakhir dihubungi, nomor teleponnya sedang tidak akrif.

Ketika informasinya digali ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Deputi Pengendalian Investasi BKPM Azhar Lubis mengatakan, belum mengetahui ada perusahaan atas nama Hendropriyono atau nama lainnya yang mendaftarkan penanaman modal investasi membangun pabrik perakitan.

“Saya belum tahu, tetapi setahu saya belum ada. Nanti saya coba cek kembali,” kata Azhar singkat kepada KompasOtomotif, Sabtu (20/2/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com