Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Ringan Suzuki "All New" Satria F150

Kompas.com - 18/02/2016, 16:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sentul, KompasOtomotif – Suzuki sukses membuat Satria F150 naik kelas. Selain teknologinya jauh lebih maju, tampang juga semakin modern. Namun lebih jauh dari itu, paling penting untuk model bebek sport bagi konsumennya adalah performa.

Itulah sebabnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sangat percaya diri memberi tagline ”Berani Diadu!”, seolah-olah mengatakan performa generasi baru ayam jago ini tak ada yang mampu menandingi, diimbuhi dengan hasil uji internal.

KompasOtomotif ingin membuktikan klaim tersebut dalam sesi test ride usai prosesi peluncuran di Sentul International Circuit, (16/2/2016). Sebelum menggeber di lintasan, ada baiknya sekilas merasakan posisi duduk dan fitur pendukung yang diemban.

Dari data teknis, tinggi jok 765 mm sangat cukup untuk membuat kaki menyentuh tanah dengan sempurna. Jok tidak begitu tebal, bahkan sangat ramping, membuat paha lebih dekat ke bodi, efeknya kaki semakin nyaman menapak.

Setang cukup rendah, model jepit, tapi masih nyaman untuk posisi duduk tegak. Jika ingin lebih racy style, sedikit mundurkan pantat, posisi duduk akan sedikit membungkuk. Kaki juga tak terlalu ke belakang, rasanya posisi duduk ini masih bisa ditoleransi untuk mode harian.

Istimewa Kelincahan sepeda motor ini tak perlu diragukan, mengusung bodi yang ringan dan sentralisasi bobot yang pas.
Soal desain, All New Satria F150 sudah berada di level nilai A, sudah menggunakan LED di depan, diimbuhi lampu kecil di bagian batok atas. Menariknya, ada boks kecil di bagian ”leher” bodi untuk menyimpan pernik kecil. Tangki bensin tetap di bawah jok, kapasitas 4 liter.

Sensasi Lincah
Pada putaran pertama, KompasOtomotif coba berjalan pelan, menjajal bagaimana kelincahan sepeda motor ini. Suzuki berhasil membuatnya semakin compact, alhasil, bobot cuma 109 kg. Kopling ringan, perpindahan gigi mudah, semakin membuat percaya diri.

Saat dipakai meliuk-liuk, All New Satria F150 benar-benar mudah dikendalikan, minim hambatan untuk membelokkan setang. Mungkin juga sensasi lincah ini karena sentralisasi bobot dan sudut kemiringan garpu depan yang pas.

Cukup menarik di awal mencoba, kesannya positif. KompasOtomotif akan membeberkan kesan saat berjalan kencang di Sirkuit Sentul, pada artikel lanjutannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com