Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Baru, "Airbag" di Bodi Luar Mobil

Kompas.com - 15/02/2016, 16:59 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Gothenburg, KompasOtomotif – Perangkat keselamatan mobil kantong udara alias airbag, awalnya diletakan di kemudi untuk melindungi pengemudi. Teknologi dan kebutuhan pun berkembang hingga posisinya beragam, mulai dari dasbor, panel pintu, rangka jok, rangka jendela, panel di bagian kaki, dan sebagainya. Hingga kini ada ide baru.

Volvo, pabrikan mobil yang punya orientasi pada keselamatan berkendara, bakal menjadi yang pertama memproduksi mobil dengan airbag di bagian luar kendaraan pada model V40. Perangkat tambahan itu terletak di dalam kap mesin dan akan menggembung menutupi pilar A dan wiper untuk mengurangi risiko cedera buat pedestrian.

Bukan hanya Volvo. Perusahaan penyuplai komponen otomotif yang baru saja bersinergi, ZF dan TRW, tengah bereksperimen meletakan airbag di sisi kendaraan, tepatnya di rangka pintu. Airbag akan mengembang sesaat sebelum terjadi tumbukan dari arah samping untuk melindungi penumpang di kabin.

Director of global systems engineering for occupant safety ZF TRW, Steve Peterson, mengatakan dari hasil uji tabrak, para peneliti menyimpulkan airbag di samping kendaraan itu bisa mengurangi tekanan tumbukan hingga 30 persen.

“Ini jelas menarik. Saya pikir ini masuk akal, terutama untuk mobil kecil yang lebih rendah dengan tanah,” kata Peterson seperti diberitakan Automotive News, pekan lalu.

Meski kesannya airbag eksternal inovasi nyata, aplikasi lebih banyak pada mobil-mobil mainstream dianggap baru terjadi dalam hitungan tahun atau malah bisa satu dekade ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com