Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Pasar Terbesar Datsun di Dunia

Kompas.com - 13/02/2016, 08:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Reinkarnasi merek Datsun resmi diperkenalkan di Indonesia pada November 2013, namun start penjualan model perdana, MPV GO+, baru terekam pada Mei 2014. Sejak saat itu hingga sekarang, penjualan GO+ ditambah hatchback GO yang menyusul diluncukan telah melebihi 50.000 unit.

Penjualan di dalam negeri telah diklaim terbesar dari seluruh pasar global Datsun, sampai sekarang prestasi itu masih bertahan. Penjualan di Indonesia lebih tinggi dari pasar lainnya, yakni India, Rusia, dan Afrika Selatan.

“Kami masih tertinggi di global,” sebut Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Penjualan di Indonesia pada 2015 (29.358 unit), jelas Indri, mewakili sampai 40 persen pangsa pasar global Datsun. Meski di puncak, posisi Indonesia bersaing ketat dengan negara pemegang urutan kedua penjualan terbanyak, yaitu Rusia.

“Kami sama Rusia kurang lebih dekat. Beda paling cuma 1.000 – 2.000 unit,” ungkap Indri.

Sama seperti di Indonesia, Datsun juga digemari di Rusia meski mobil yang ditawarkan berbeda. Di negeri Tirai Besi itu Datsun menjual dua model, sedan on-DO dan hatchback mi-DO. Beda dibanding Indonesia yang hanya menawarkan transmisi manual, di Rusia punya transmisi otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com