Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mercy" Bekas Taksi Juga Kerap Diburu Artis

Kompas.com - 12/02/2016, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar mobil bekas (mobkas) taksi Blue Bird cukup besar, jumlahnya hampir setara seperti diler di sentra otomotif Jakarta dan sekitarnya. Tri Winarsih, Used Car Assistant Manager Blue Bird kepada KompasOtomotif  menjelaskan, setiap bulan total penjualan mobkas perusahaan sekitar 350 – 500 unit.

Blue Bird menjual banyak model mobkas, di antaranya mantan taksi reguler Toyota Limo, bekas Silver Bird Mercedes-Benz C230 Sport dan Mercedes-Benz E 200 Kompressor, serta bekas divisi mobil rental yakni Toyota Avanza, Toyota Innova, Toyota Camry, Toyota Alphard, Mercedes-Benz E 200, dan Honda Accord.

Usia mobil yang dijual rata-rata 3 –  7 tahun. Setiap unit yang dilego tidak lagi beroperasi, artinya sudah mengenakan plat nomor warna hitam.

Tri mengatakan komposisi terbesar pembeli mobkas Blue Bird berasal dari Jakarta dan sekitarnya, sekitar 350 – 400 unit. Sedangkan sisanya didapat dari penjualan di luar kota, sekitar 100 unit.

Karakter pembelinya menjangkau sebagian besar kalangan masyarakat, sebab model yang dijual beragam mulai dari sedan kompak, MPV kompak, hingga sedan menengah, dan MPV menengah.

Tenaga penjual di salah satu lokasi penyimpanan mobkas Blue Bird, Pool Ciputat, pernah mengatakan unit mewah seperti Mercy E 200 Kompressor ditaksir para “pejabat”. Alasannya karena harga murah tapi bisa dapat kemewahan mobil Jerman.

Ternyata bukan hanya pejabat, Tri mengungkap pembeli mobkas juga berasal dari kalangan selebriti. “Bahkan ada juga artis yang beli,” kata Tri, tanpa mau mengatakan nama si artis, di Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com