Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Motor ”Adventure” Di Bawah Rp 40 Juta

Kompas.com - 10/02/2016, 15:11 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Greater Noida, KompasOtomotif – Rata-rata, sepeda motor model adventure dipatok mahal dengan segenap teknologi yang diusungnya. Inilah alasan yang bikin banyak orang menahan diri dan memilih memodifikasi ”mirip-mirip”. Namun apa yang ditawarkan Royal Enfield membalikkan hal tersebut.

Di ajang Auto Expo 2016 di Greater Noida, India, yang berakhir Selasa (9/2/2016), merek blasteran Inggris-India itu menunjukkan sosok Himalayan, sepeda motor kekar bernafaskan petualangan. Tak segalak BMW R1200GS atau Triumph Tiger Explorer, tapi buat petualang pemula, inilah motornya!

motorcycledaily Royal Enfield Himalayan cocok untuk pengendara pemula yang ingin bertualang.
Royal Enfield hanya membekali sepeda motor ini dengan mesin 411 cc SOHC yang diklaim sanggup mengeluarkan tenaga hingga 24,5 tk @6.500 rpm dan torsi puncak 32 Nm @4.000-4.500 rpm, dipadu transmisi 5-percepatan.

Itu sudah cukup untuk menjelajah ”tipis-tipis” di daerah berbatu atau semi off-road, apalagi didukung ground clearance cukup tinggi, 22 cm, dan ada pelindung mesin di bagian bawah, khas motor adventure. Bobotnya juga tak begitu berat, cuma 182 kg.

motorcycledaily Royal Enfield Himalayan mempunyai segala sesuatu yang dibutuhkan untuk bertualang.
Rangka unik, disebut bertipe half-duplex split cradle, disangga suspensi depan teleskopik 41 mm dan suspensi belakang monosok. Diameter ban depan 21 inci, dibalut ban ukuran 90/90. Sementara ban belakang pakai ukuran 120/90 dengan diameter 17 inci.

Sepeda motor ini disebut tersedia dalam dua jenis, berspesifikasi on-road atau off-road. Royal Enfield mengklaim Himalayan diciptakan demi efisiensi dan perawatan berbiaya rendah. Harga belum disebut, namun dijanjikan tak akan lebih dari 200.000 rupee, atau kurang dari Rp 40 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com