Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penantang Baru BR-V Diperkenalkan di India

Kompas.com - 09/02/2016, 10:03 WIB
Aditya Maulana

Penulis


New Delhi, KompasOtomotif – Ketika segmen Sport Utility Vehicle (SUV) kompak tengah bergejolak, produsen asal India, Tata Motors tak mau ketinggalan. Merek lokal kebanggaan Negeri Kari ini memperkenalkan model terbarunya Nexon.

Nexon semula diperkenalkan sebagai konsep di pameran Auto Expo 2014 dan tahun ini di acara sama, model produksinya sudah dipajang.

Tampilan Nexon versi produksi, tidak jauh berbeda dengan konsep. Bentuk grill, lampu kabut dan bemper punya gaya yang sama. Sistem pencahayaannya sudah dilengkapi LED DRL, baik lampu depan maupun belakang.

Interiornya, belum terungkap seperti apa. Tetapi, bocoran pada sektor hiburan dan informasi akan dibekali layar sentuh 6,5 inci disokong oleh sistem suara delapan speaker. Kualitas suara lagu atau radio diklaim optimal.

Setelah versi produksinya di pamerkan di Auto Expo 2016, Tata Motors akan mulai menjual Nexon di pasar domestik India. Demikian dilansir laman Indianautosblog, Selasa (8/2/2016).

Sektor jantung pacu, Tata membekali Nexon dalam dua pilihan mesin turbo. Pertama, bensin 1.2-liter turbocharged dan diesel 1.5-liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 108 tk dan torsi 260 Nm.

Kedua mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan dan berpenggerak roda depan.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Tata Nexon di IIMS 2014

Sebelumnya, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) juga pernah memboyong Nexon konsep ke Indonesia, tepatnya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

”Ini adalah mobil masa depan yang kami ciptakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat perkotaan. Semuanya didesain secara cermat sebagai mobil yang sanggup menemani perjalanan,” ujar Presiden Direktur TMDI Biswadev Sengupta, kala itu.

Bicara segmentasi, SUV kompak terbaru Tata Motors ini akan bersaing dengan Ford EcoSport, Suzuki Vitara Brezza, Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Honda BR-V.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com