Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Taxi Ride" Bersama New Mini Clubman di Singapura

Kompas.com - 09/02/2016, 09:03 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif - Generasi penerus MINI Clubman memiliki dimensi yang lebih bongsor dari versi sebelumnya. Meski belum resmi masuk Indonesia, tapi KompasOtomotif sudah merasakan kenyamanan kabin serta sensasi tenaga dari Clubman 1.5L, 3 silinder dari balik bangku penumpang saat sesi taxi ride di Singapura, Jumat (5/2/2016).

New MINI Clubman memiliki ukuran bodi yang lebih bongsor dari Mini lima pintu (5-Door) model sebelumnya. Panjang bodi mencapai 4,253 mm, terpaut 271 mm. Sedangkan ukuran lebar bodi juga serupa, lebih besar 73 mm, kini menjadi 1.800 mm.

Otomatis sensasi di dalam kabin terasa lebih lapang. Rasa nyaman jauh lebih didapat pada model ini, ketika duduk di seluruh posisi bangku yang tersedia.

Stanly/KompasOtomotif MINI Clubman test ride

Saat menjajalnya dengan beberapa rekan media dari Indonesia, KompasOtomotif sengaja langsung mengisi penuh seluruh kabin, dengan komposisi dua orang di depan dan tiga penumpang lainnya di baris kedua. Ini dilakukan untuk membuktikan seberapa signifikan level kenyamanan yang diperoleh lewat kabin yang lebih lapang.

Alhasil, dengan postur tubuh penumpang yang beragam, ternyata Clubman terbaru ini masih bisa menyandang kata nyaman. Artinya, baik dari sisi ruang kaki dan ruang kepala masih memiliki jarak yang relatif leluasa.

Sayangnya, pada bagian tengah bawah di baris kedua terdapat ventilasi pendingin udara (air conditioner/AC) yang membuat penumpang tengah harus sedikit melebarkan kaki.

Stanly/KompasOtomotif MINI Clubman test ride

Meski demkian jarak tandem distance (lutut baris kedua ke kursi baris pertama) masih cukup baik, bahkan penumpang di depan tidak perlu sampai memajukan posisi jok untuk memberikan kelapangan tambahan.

Bagasi

Efek meningkatnya dimensi bodi juga berpengaruh pada ruang bagasi belakang. Secara total ruang penyimpanannya kini memiliki daya tampung hingga 360 liter dalam posisi normal dan bertambah hingga 1.250 liter saat kondisi bangku di baris kedua dilipat.

Stanly/KompasOtomotif Baasi dibuat model kompartemen bertingkat

Desain bagasinya pun dibentuk dengan model kompartemen. Artinya dalam satu bagasi terdapat dua ruang yang terpisahkan, yakni atas dan bawah.

Performa

Stanly/KompasOtomotif MINI Clubman test ride

Ketika mobil dihidupkan, semua instrumen panel yang terintegrasi di bagian dasbor depan langsung mengeluarkan warna ambien soft dari fitur atmospheric lighting di interior.

Kondisi jalan di Singapura yang cenderung tidak terlalu ramai, membuat rekan yang mengendarainya terpancing untuk menekan pedal gas lebih dalam. Selain untuk merasakan sensasi tenaga ketika membawa penumpang penuh, hal ini juga untuk merasakan perbedaan antara mesin 3 silinder yang ada pada MINI 5 Door dan Clubman.

Memanfaatkan mode berkendara nomal, dengan isi lima penumpang putaran tenaga bawah dari mesin 1.5L, 3 slinder yang ditopang dengan fitur TwinPower Turbo Technology ternyata cukup apik. Tarikan responsif masih bisa terasa dari bangku penumpang baris kedua, apalagi ketika menggunakan mode sport, "bantingan" suspensi terasa lebih keras, sehingga meningkatkan stabilitas saat melaju kencang.

Stanly/KompasOtomotif MINI Clubman test ride

Dari data spesifikasi di atas kertas, Clubman ini menawarkan tenaga hingga 136 tk pada 4.400 rpm dan torsi sebesar 220 Nm. Merek ikonik ini pun megklaim Clubman baru bisa melesat dari titik diam sampai 100 kpj dalam 9.1 detik.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com