Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya VW Mengembalikan Kepercayaan Konsumen

Kompas.com - 09/02/2016, 07:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif – Volkswagen berusaha sekuat tenaga mengembalikan nama yang terus memburuk akibat skandal dieselgate yang menimpa sekitar 11 juta mobil di seluruh dunia. Iklan global pun diluncurkan untuk memenangkan kembali kepercayaan masyarakat.

Iklan dibagi menjadi dua, versi cetak dan TVC (TV commercial), masih menggunakan slogan ”Das Auto”. Secara garis besar, bukan menunjukkan soal teknologi, tapi lebih ke arah yang menyentuh hati.

Contohnya, pada iklan versi print, menunjukkan seorang anak memeluk orang tuanya sambil berdiri di atas VW Jetta Wagon. Lalu didukung tulisan "It's more than just a car. It's keeping your promise” yang bisa diartikan ”Ini lebih dari sebuah mobil. (VW) menjaga janji-harapanmu”.

Iklan televisi menunjukkan anak yang berpindah-pindah dari produk VW ke produk VW lainnya dalam hidupnya, hingga menjadi ayah. Tagline baru meluncur, ”Then. Now. Always” (Nanti. Saat Ini. Selalu).

”Jumlah orang yang sangat menakjubkan dari seluruh dunia yang bisa dihubungkan dengan kenangan bersama mobil kami. Volkswagen adalah bagian dari hidup mereka. Lain kata, VW adalah dulu dan sekarang adalah mobil rakyat,” ujar Sales and Marketing Head VW Jurgenn Stackmann.

Stackmann melanjutkan bahwa pihaknay memang banyak kehilangan kredibilitas dalam beberapa bulan belakangan. Saat ini, VW sedang ingin mengembalikan kepercayaan itu kembali, dan iklan-iklan ini adalah langkah awal.

Iklan-iklan tersebut sudah mulai tayang di UK, Spanyol, Portugal, Februari 2016, waktu yang sama saat VW harus me-recall sekitar 8,5 juta mobil di Eropa. Iklain akan berlanjut di Jerma, Austria, dan Swiss akhir bulan, dan akan terus berlanjut di Benua Biru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com