Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Separuh Napas" Suzuki Indonesia di Segmen Komersial

Kompas.com - 08/02/2016, 10:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Seberapa pun besarnya keinginan Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggeser citra merek ke mobil penumpang, tetap saja tidak bisa dipungkiri, andalan penjualan ada di pundak segmen komersial.

Pada 2015, penjualan terbaik SIS ada pada pikap kecil Carry Futura, sebesar 48.733 unit. Angka itu jauh di atas model mobil penumpang paling laris, Ertiga, yang menduduki peringkat kedua penyumbang penjualan terbesar SIS sebanyak 30.963 unit.

suzuki Suzuki Mega Carry Xtra
Peran segmen komersial semakin penting karena posisi ketiga diisi oleh pikap APV sebesar 17.635 unit. Model low cost green car (LCGC) Karimun Wagon R mengisi tempat keempat dengan 11.526 unit.

Tahun ini, SIS merasa mampu merebut 12,5 persen pangsa pasar nasional yang diprediksi mencapai total 1,050 juta unit. Target besar pasar itu naik 0,6 persen dibanding hasil 2015 sebesar 11,9 persen (122.348 unit).

"Backbone masih sama, ada Futura pikap dan APV pikap. Terus yang kedua Ertiga, ketiga LCGC, keempat CBU (completely built up)," ucap 4W Direktur Marketing SIS, Makmur, di Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Makmur menyebut, SIS sudah menyiapkan tiga model baru mobil penumpang untuk 2016. Ketiganya pengisi kelas mini SUV, medium SUV, dan hatchback. Tidak disebutkan bahwa ada model baru untuk kendaraan komersial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com