Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Beda Motor Ducati MotoGP Musim ini

Kompas.com - 07/02/2016, 12:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Banten, KompasOtomotif – Ducati Desmosedici GP15 lumayan kompetitif musim lalu membawa Andrea Iannone ke urutan kelima dan Andrea Dovizioso ketujuh dalam kelasemen pebalap MotoGP. Memasuki musim 2016, Ducati sudah menyiapkan pengembangan buat GP15.

Sebelum membeberkan apa saja perubahannya, Ducati Corse Sporting Director, MotoGP Project Director, Paolo Ciabatti, mengingatkan, motor Ducati buat musim ini bukan disebut “GP16” melainkan pengembangan GP15.

“Kami tidak lagi memanggilnya ‘GP16’,” kata Ciabatti saat berbincang dengan wartawan Indonesia di Banten, Jumat (5/2/2016).

motograndprix.motorionline.com "Winglet" pada Ducati Desmosedici GP16 Andrea Dovizioso saat test perdana MotoGP 2016 di Sirkuit Sepang, Malaysia.
“Motor ini merupakan evolusi dari GP15. Tentu saja tahun lalu kami cukup kompetitif tapi kami perlu pengembangan di beberapa area GP15. Jadi, pengembangan fokus pada sasis, kami menyematkan aerodinamis pada motor, dan beberapa pengembangan, misalnya fork baru,” ungkap Ciabatti.

Bagian aerodinamis bisa jadi merujuk pada winglet  yang sudah diputuskan tetap digunakan. Winglet membantu motor menyesuaikan karakter berbeda sebab ukurannya bisa berubah tergantung trek.

Selain yang sudah disebutkan Ciabatti, sebenarnya ada hal baru lain, yakni pengembangan pada girboks seamless. Tahun lalu seamless GP15 bekerja dari gigi satu ke lima, tidak berlaku dari lima ke enam. Kini semua gigi naik dan turun seamless seperti Honda dan Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com