Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkenalan dengan New MINI Clubman 3 Silinder

Kompas.com - 07/02/2016, 12:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif - Selain versi tertinggi, New MINI Clubman juga hadir dalam pilihan mesin 1.5L, 3 silinder. Secara desain tampilannya terlihat lebih kalem dengan nuansa elegan.

Perbedaan besar pada sisi ekterior dengan varian teratas adalah pada dimensi peleknya. Bila Clubman S menggunakan pelek 17 inci, untuk versi 3 silinder menggunakan dimensi lebih rendah, yakni 16 inci.

Selebihnya dari sisi dimensi masih tetap sama dengan lebar dan panjang yang melebihi generasi sebelumnya.

Stanly/KompasOtomotif MINI Clubman 3 Silinder

Masuk ke sektor interior, meski terkesan sama tapi ada perbedaan besar dari segi fitur. Mulai dari tidak adanya paddle shift di lingkar kemudi, sampai dimensi layar MID yang mampu memberikan informasi seputar kendaraan dengan dimensi yang lebih kecil, 6,5 inci.
 
Dari semuanya, perbedaan paling signifikan ada di sektor mesin. New Clubman varian bawah ini hanya ditopang mesin berkapastias 1.499 cc, 3 silinder dan masih menggunakan transmisi 6 percepatan sama seperti versi MINI 5 pintu generasi sebelumnya.

Stanly/KompasOtomotif MINI Clubman 3 Silinder

Meski lebih kecil, tapi sokongan teknologi MINI Twin Power Turbo Technology yang digunakan mampu memberikan tenaga maksimal hingga 136 tk pada 4.400 rpm dan torsi sebesar 220 Nm.

Dari data spesifikasi, mobil ini diklaim mampu melesat dari titik diam sampai 100 kpj dalam waktu 9.1 detik, selisih hanya 2 detik dengan saudaranya yang meggunakan mesin 2.000 cc, 4 silinder.

Sekadar informasi mesin 3 silinder yang digunakan Clubman terbaru ini juga sama dengan MINI Cooper 5 Door. Meski tergolong kecil namun dengan dukungan turbo tenaganya bisa sejajar dengan mesin berkepasitas 1.8L dan beda tipis dengan mesin 2.0L.


Stanly/KompasOtomotif MINI Clubman 3 Silinder

Keuntungan lain yang diperoleh ada di konsumsi BBM. Berdasarkan data tertulis dari pengetesan internal di Inggris, MINI Clubman 1.5L. 3 silinder memiliki tingkat konsumsi bahan bakar 5.4 liter per 100 km. Artinya, mobil bongsor ini mampu menempuh jarak sepanjang 18,5 km dengan 1 liter bensin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com