Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup Ditendang, Pintu Belakang Clubman Terbuka

Kompas.com - 06/02/2016, 13:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif - Generasi terbaru MINI Clubman datang bukan hanya menawarkan dimensi yang lebih lebar dari generasi sebelumnya, tapi juga disertai fitur unik. Salah satunya adalah teknologi membuka pintu dengan cara menendang kolong bemper belakang, atau disebut fitur kicking motion.

"Fungsi fitur ini dibuat untuk memudahkan pemilik New Clubman dalam hal fleksibilitas membuka pintu bagasi tanpa menyentuh mobil atau menekan remote kunci. Cukup tendang di bagian kolong bemper belakang, otomatis pintu akan terbuka," ujar Arief Makaminan, Training Manager PT BMW Indonesia kepada KompasOtomotif dalam seremoni peluncuran New Clubman di Singapura, Jumat (5/2/2016).

Fitur kicking motion bekerja melalui dua sensor yang diletakan pada kolong bumper belakang. Fitur ini bisa berfungsi bila remote kunci berada kurang lebih satu meter dari mobil atau di dalam kantung saku.

Stanly/KompasOtomotif Fitur kicking motion New MINI Clubman

Cukup mengarahkan kaki ke bawah bemper, secara otomotis sensor akan membaca dan membuka satu pintu. Lakukan lagi (berulang) maka pintu kedua juga ikut terbuka.

"Jadi ketika tangan sedang membawa banyak barang yang mau diletakan di bagasi belakang, tidak perlu meletakan barang dulu baru buka pintu, cukup gerakan kaki ke kolong bemper saja pintu sudah terbuka otomatis," ucap Arief.

Dengan adanya teknologi ini, Mini Clubman memiliki tiga cara untuk membuka pintu belakang. Mulai dengan cara konvensional, membuka dengan remot kunci, dan mengandalkan fitur kicking motion.

Stanly/KompasOtomotif Fitur kicking motion New MINI Clubman

Selain itu masih ada fitur laser lamp car door atau LED auto logo emblem yang dipasang di bawah kaca spion depan. Fitur ini bisa memantulkan sinar berbentuk lambang Mini di permukaan lantai atau aspal ketika membuka pintu baris pertama yang menambah sisi kemewahannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com