Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Harus Dukung Rio sampai Bisa Balapan di F1

Kompas.com - 06/02/2016, 12:05 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif — Sampai sekarang, Rio Haryanto masih berjuang mencari dana agar bisa balapan dalam ajang Formula 1 (F1). Sebab, uang yang harus dibayarkan untuk masuk tim Manor adalah 10 juta euro atau setara Rp 225 miliar.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta A Judiarto mengatakan, pemerintah harus mendukung penuh Rio Haryanto sampai bisa ikut dalam balapan F1. Sebab, Rio merupakan salah satu orang yang berprestasi di dunia otomotif dan bisa membawa nama harum Indonesia di mata dunia.

"Rio itu istilahnya brand Indonesia. Untuk dikenal banyak orang memang perlu biaya yang besar. Karena Rio sudah punya potensi, maka dukungannya tidak boleh nanggung," ungkap Judiarto menjawab pertanyaan KompasOtomotif di sela-sela acara afternoon tea bersama pengurus IMI di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2016) malam.

Menurut Judiarto, di dunia ini hanya ada dua ranah olahraga yang bisa menjadi "brand" terbaik mewakili suatu negara. Pertama, di ranah sepak bola; dan kedua, otomotif, seperti balapan mobil atau sepeda motor.

"Kalau kita saling bekerja sama, maka dana bukan lagi menjadi kendala," kata pria berkacamata minus ini.

Tim bagus

Mengenai tim di F1, kata Judiarto, seharusnya Rio memilih tim yang lebih bagus lagi. Menurut dia, keinginan untuk tampil di kancah internasional jangan diwujudkan setengah-setengah.

"Harusnya, menurut saya, Rio pilih tim yang bagus. Kalau tim bagus, prestasi dia juga pasti jauh lebih bagus," kata Judiarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com