Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Galak Nian Power" Yamaha Xabre

Kompas.com - 02/02/2016, 18:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Puas menikmati sensasi berkendara ala supermoto di atas Yamaha Xabre, kesempatan menggeber sepeda motor sport terbaru di Carting International Circuit, Sentul, Bogor, (1/2/2016) tidak disia-siakan KompasOtomotif. [Baca: Naik Yamaha Xabre Terasa "Pede" Mirip Supermoto]

Seperti yang diklaim sejak awal, sepeda motor ini punya karakter berbeda dengan V-Ixion atau R15 yang notabene punya platform mesin yang sama. Xabre lebih galak di putaran mesin per menit (rpm) bawah-menengah.

Kalau dilihat dari spesifikasi, torsinya cukup besar, 14,3 Nm diraih pada rpm 7.500, sementara tenaga maksimalnya mencapai 16,09 tk @8.500 rpm. Di atas kertas, sepeda motor ini memang bakal menyalak di awal, atau putaran mesin yang tak begitu besar.

Benar saja, Xabre galak saat digeber di awal. Akselerasi seakan tak pernah bisa habis, feeling-nya seperti ”narik” dengan mesin berkapasitas lebih besar. Tentu saja, karakter seperti ini bakal sangat dominan di perkotaan.

Tapi, saat putaran mesin memasuki rentang menengah-atas, atau ketika KompasOtomotif mengajak lari lebih kencang di trek lurus ”Sentul kecil” Xabre mulai sedikit loyo, alias mulai keluar karakter mesin 150 cc sesungguhnya.

Manuver
Perlu dicatat, Yamaha membekali sepeda motor ini dengan suspensi upside down, ban lebih besar, serta swing arm lebih panjang, berdasarkan alasan untuk menambah kestabilan. Suspensi model terbalik memang jago dibuat lari kencang, lebih sedikit goyang dan stabil.

Kelebihan itu didukung lengan ayun yang lebih panjang 5 mm dibandingkan R15, membuat sepeda motor ini enak diajak menikung. Kalau mampu, dimensi swing arm ini mendukung teknik menikung sedikit ”ngesot” layaknya di balapan supermoto.

Kestabilan juga terasa saat menghadapi guncangan. Kecil propabilitasnya untuk goyang saat dipakai menikung miring. Sirkuit go-kart Sentul yang terkenal banyak tambalan dilewati dengan kokoh. Dipakai harian? Cocok!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com