Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Yamaha Xabre Terasa "Pede" Mirip Supermoto

Kompas.com - 02/02/2016, 17:15 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Yamaha Xabre sukses mencuri perhatian belakangan ini. Tak hanya karena tampangnya yang radikal, tetapi juga performa mumpuni yang dijanjikan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada tarikan awal.

Namun perlu diingat, sepeda motor ini dilahirkan dengan ”takdir” berbeda. Sebelum merasakan kemampuannya, KompasOtomotif benar-benar penasaran dengan rasa duduk di atas joknya. Sekilas, Xabre akan memberikan rasa yang berbeda dibandingkan model sport lain.

Benar saja, saat mengintimi ”si pedang cahaya” (makna harafiah Xabre) di Karting International Circuit, Sentul, Bogor, (1/2/2016), KompasOtomotif merasa duduk di atas supermoto. YIMM menyebutnya sebagai gaya extreme fun 3D riding. Tinggi, menambah percaya diri, dan menjanjikan pergerakan yang lincah.

Jarak jok dengan tanah 80,5 cm, sukses membuat kaki KompasOtomotif dengan tinggi 172 cm tidak menapak sempurna, tapi tidak terlalu jinjit. Setang lebar, dan terasa dekat dengan badan, karena tangki juga pendek.

Kalau ingin lebih rendah, YIMM menjual aksesori lowering kit yang bisa dipasang pada suspensi belakang. Peranti ini menjadi aksesori resmi, dijual di berbagai diler Yamaha.

Tengok sedikit ke belakang, jok penumpang belakang pendek, juga tinggi, tidak ada pegangan (behel). ”Kalau mau dibonceng ya memang harus meluk, karena konsepnya memang demikian,” kata Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM.

Berjalan pelan dan ”wow”, posisi duduknya cukup nyaman, tidak terlalu membungkuk, justru mirip naik sepeda motor trail. Pijakan kaki diletakkan agak ke belakang, sangat terasa sporty. Posisi duduk ini membuat penunggang bisa mengeksplor ban belakang untuk bergerak lebih ekstrem.

Meski setang sedikit panjang, namun sudut belok 39 derajat tetap membuat pengendara percaya diri kalau mau menekuk kemudi lebih dalam pada kecepatan rendah. Kesan awal ini cukup impresif, dan KompasOtomotif akan membahas kemampuan sepeda motor ini dalam artikel lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com