Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Supercar" Honda Tembus Belasan Miliar Rupiah

Kompas.com - 02/02/2016, 16:55 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Marysville, Ohio, KompasOtomotif — Produksi pertama supercar Honda, Acura NSX, terjual 1,2 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 16 miliar dalam acara lelang Barrett Jackson. Banderol tersebut delapan kali lipat lebih mahal dari harga aslinya, yakni 156.000 dollar AS atau setara Rp 2,1 miliar.

Mobil super dengan nomor rangka #001 ini dibeli oleh pemilik tim NASCAR, Rick Hendrick. Warga Charlotte, North Carolina, AS, ini juga dikenal sebagai kolektor mobil eksotis. Acura NSX produksi pertamanya itu akan dijadikan koleksi barunya, demikian dilansir laman Autoevolution, Selasa (2/2/2016).

Menurut hasil lelang tersebut, 600.000 dollar AS akan disumbangkan ke Pediatric Brain Tumor Foundation, dan sisanya ke Zac Brown's Camp Souther Ground. Masing-masing fokus pada penyakit tumor otak dan organisasi amal.

Worldcarfans Lelang Acura NSX

Selain Acura NSX produksi pertama, rupanya Hendrick juga memiliki Chevrolet Camaro dengan nomor rangka #001 tahun 2010, Camaro Convertible 2011, Corvette 2014, dan Corvette Convertible 2015.

Acura NSX ini merupakan generasi kedua. Generasi pertamanya sudah berhenti diproduksi pada 2005 silam. Rencananya, Honda baru akan mengirimkan hasil produksi ke tangan konsumen pada 25 Februari 2016 di AS.

Dinobatkan sebagai mobil super, Acura NSX generasi kedua ini dibekali mesin V6 twin turbo hibrida yang tenaganya diklaim bisa mencapai 573 tk. Mesin tersebut dikawinkan lagi dengan tiga motor listrik dan transmisi DCT 9-percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com