Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsche "Say No untuk Mobil Tanpa Pengemudi"

Kompas.com - 02/02/2016, 13:35 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Stuttgart, KompasOtomotif – Produsen otomotif  banyak yang tengah mengembangkan kendaraan otonomos alias “mobil tanpa pengemudi”. Langkah tersebut tidak ikut diambil oleh Porsche.

Oliver Blume, Chief Executive Porsche menyatakan bahwa, pihaknya tidak akan bergabung dengan produsen mobil mewah lain yang mencoba mencari peruntungan di kendaraan otonomos di masa mendatang. Porsche tetap memberikan sensasi berkendara di belakang setir.

“Setiap orang ingin mengendarai Porsche mereka sendiri,” kata Blume seperti dilansir laman Reuters, Selasa (2/2/2016).

Meski diperkirakan pada 2025 “mobil tanpa pengemudi” akan menyumbang 13 persen penjualan mobil di dunia, tetapi Porsche tetap tidak tertarik. Pabrikan asal Stuttgart, Jerman ini lebih memilih mengembangkan mobil ramah lingkungan.

Worldcarfans Mobil listrik konsep terbaru dari Porsche.

Porsche sudah memiliki mobil listrik Mission E. Bahkan, Porche akan menghabiskan dana 1 miliar euro atau setara Rp 15 triliun untuk membangun pabrik yang memproduksi Mission E.

Porsche belum membocorkan spesifikasi resmi mobil listrik sport terbarunya itu. Tapi, dari informasi yang diumumkan di Frankfurt Motor Show, konsep ini mampu menjelajah sampai jarak tempuh 500 km sekali baterai terisi penuh. Hasil itu didapat berkat dua motor listrik.

Kedua motor listrik itu diklaim mampu menghasilkan daya total lebih dari 591 tk. Kemampuan akselerasinya 0-100 kpj diraih hanya dalam 3,5 detik dan 0-200 kpj 12 detik. Motor listrik ini memiliki tegangan 800 volt dan dibuat dengan teknologi modern sehingga dalam untuk mengisi baterai butuh waktu yang singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com