Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Urutan Mengganti Ban Mobil!

Kompas.com - 01/02/2016, 17:46 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Satu hal yang paling tidak disukai kebanyakan pengendara mobil yakni mengganti ban karena kempis atau bocor. Selain melelahkan, proses penggantiannya juga makan waktu lama jadi bisa menunda kepentingan lainnya.

Maka itu setiap pengendara wajib memahami seluruh prosedur penggantian ban dengan cadangan agar tidak terlalu banyak buang tenaga dan cepat dilakukan. Pengetahuan dasar seperti di mana posisi dongkrak, ban cadangan, dan kunci-kunci, juga bisa mempermudah prosesnya.

Berikut urutan dasar mengganti ban, hasil dari keterangan Teknisi Nissan dan Datsun Matheus Prima:

Febri Ardani Tumpuan dongkrak bagian ban depan kanan pada mobil monokok, Datsun GO , terletak di bagian bawah dekat pintu. Cari posisi panel bodi yang berbentuk dua lekukan seperti pada gambar, lalu letakan kepala dongkrak di antaranya.
1. Posisikan mobil di tempat datar dan tidak licin.

2. Aktifkan rem parkir lalu pasang posisi gigi di “P” (Park) untuk transmisi otomatis atau gigi mundur buat transmisi manual. Selain itu pastikan semua penumpang turun dari mobil dan jangan nyalakan mesin selama proses pendongkrakan.

3. Keluarkan ban cadangan dari tempat penyimpanannya, lantas cek kondisinya terutama tekanan angin. Keluarkan juga kunci pembuka baut pelek.

4. Kendurkan semua baut pelek pada ban yang mau diganti sebanyak satu atau dua putaran ke arah kebalikan putaran jarum jam. Jangan sampai baut terlepas.

5. Posisikan kepala dongkrak pada titik tumpuan yang pas, lokasinya bisa dicek di buku panduan mobil atau pada tautan ini. Kemudian jungkitkan mobil menggunakan dongkrak hingga ban terangkat.

6. Buka semua baut dan ban. Pastikan saat meletakan ban bagian pelek berada di atas agar tidak rusak.

7. Pasang ban cadangan.

8. Kencangkan baut pada ban yang baru dipasang, pastikan posisi ban tidak ada yang miring.

9. Kendurkan dongkrak perlahan hingga ban menapak tanah.

10. Kencangkan kembali semua baut.
Hal yang perlu diperhatikan, jumlah baut pada pelek. Pada pelek dengan empat baut maka kekuatan yang dibutuhkan untuk mengencangkan baut mencapai 9,5 kg – 11 kg sedangkan lima baut 11,5 kg – 13 kg.
Ukuran itu bisa jadi tidak bisa ditakar langsung tanpa alat khusus. Prima mengatakan pada empat baut cukup dikencangkan menggunakan tangan sedangkan lima baut bisa pakai metode diinjak kaki.

11. Simpan kembali dongkrak dan kunci di tempat penyimpanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com