Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Super-murah Yamaha Cuma Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 01/02/2016, 11:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif — Di beberapa negara, sepeda motor dengan harga murah masih sangat dibutuhkan. Atas dasar permintaan itu, Yamaha mengembangkan motor baru yang diestimasikan bakal dijual dengan harga 30.000 rupee atau Rp 6 jutaan saja.

Proyek ini dinamai INDRA atau Innovative and New Development based on Responsible Analysis. Tujuannya menghasilkan kendaraan komuter roda dua yang sangat terjangkau.

Tim research and development India yang ditunjuk merangkai semua petunjuk agar produk baru bisa dilahirkan. Nama model baru itu belum diketahui, tetapi rencana terkait produksi sudah diungkap Rushlane, Sabtu (30/1/2016), bahwa ia akan dikerjakan di pabrik Yamaha di Chennai, India.

Spesifikasi detail belum terungkap. Meski begitu, banyak spekulasi yang menunjukkan bahwa motor tersebut menggunakan mesin 4-tak 100 cc–110 cc berpendingin udara. Karena orientasinya menekan harga jual, sejumlah perlengkapan, seperti pelek alloy, rem cakram, dan starter elektrik, ditiadakan.

Debut motor pertama paling terjangkau di India ini bisa saja dilakukan pada pameran akbar otomotif Auto Expo 2016. Menurut informasi lain, motor super-murah ini bukan hanya untuk India. Ada kemungkinan, motor itu diekspor ke Afrika Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com