Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Datsun Berkibar di Pontianak

Kompas.com - 31/01/2016, 10:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Pontianak, KompasOtomotif – Populasi mobil Datsun telah bertambah lebih dari 500 unit pada 2015 menurut data yang dibeberkan diler Nissan-Datsun Ayani di Pontianak Kalimantan Barat. Jumlahnya terus bertambah sejak pertama kali diluncurkan lokal pada Juli 2014, maka itu tidak heran para pemiliknya berkumpul membentuk komunitas.

Kebanyakan dari para pemilik MPV GO+ bergabung dalam Datsun GO+ Community Indonesia (DGCI) chapter Pontianak. Andreas, Ketua DGCI Pontianak, mengatakan, komunitas yang ia pimpin berafiliasi dengan DGCI pusat di Jakarta.

DGCI Pontianak resmi berdiri pada 8 Februari 2014. Kini anggotanya 54 orang dan terus bertambah. Awalnya, kata Andreas, minat membentuk komunitas datang ketika mulai banyak pemilik Datsun yang ikut nongkrong bareng.

Febri Ardani/KompasOtomotif Datsun GO Community Indonesia (DGCI) Pontianak berpose bersama para "risers" Datsun Risers Expedition Gelombang 3 etape III.
“Pertama pembentukan hanya sembilan mobil. Semuanya berawal dari servis di diler, ngobrol-ngbrol kayanya enak kumpul. Awalnya kita bentuk sendiri, dari satu-satu mobil,” kata Andreas saat pelepasan Datsun Risers Expedition di Pontianak, Selasa (26/1/2016).

Ada cara unik pendekatan yang dilakukan Andreas dan teman-teman, yaitu menyapa langsung pemilik Datsun yang ditemui di jalan. “Kita juga pernah panggil orang Datsun di jalan, kami hampiri lalu kasih tahu ada komunitas untuk menjalin silaturahmi sesama pengguna Datsun. Akhirnya mereka mau ikut nongkrong,” ujar Andreas.

Meski usia DGCI Pontianak belum genap setahun, mereka aktif melakukan kegiatan bersama. Tahun ini rencananya akan menggelar bakti sosial menyumbangkan baju bekas layak pakai dan santunan buat panti asuhan. Selain itu aktivitas touring juga siap ditingkatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com