Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Komponen Lokal Baru Toyota untuk Fortuner

Kompas.com - 26/01/2016, 16:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Karawang, KompasOtomotif - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah "mendeklarasikan" peningkatan kandungan lokal Toyota Fortuner terbaru, dari 60 persen menjadi 75 persen. 15 persen tambahan itu berasal dari berbagai komponen penting.

Dalam kunjungan pabrik TMMIN Karawang 1, Jawa Barat, Direktur Teknik TMMIN Yui Hastoro menjelaskan bahwa beberapa komponen yang kini diproduksi lokal untuk Fortuner terbaru adalah komponen yang cukup penting.

"Beberapa komponen sebelumnya diimpor dari Thailand dan Jepang. Tapi untuk generasi baru Fortuner, kami bisa menambah komponen lokal dengan menambah pemasok lokal lapis pertama (tier 1)," ujar Yui.

Tercatat, dari data TMMIN, perusahaan pemasok lokal lapis pertama bertambah besar, dari 107 perusahaan menjadi 123 perusahaan. Mereka tak hanya memasok komponen untuk Fortuner terbaru, tetapi juga generasi baru Kijang Innova.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Beberapa komponen yang semula impor jadi diproduksi lokal untuk topang produksi Fortuner di Karawang, Jawa Barat.

Berikut komponen yang baru saja dilokalkan TMMIN untuk Fortuner terbaru:

Rear Axle
Link Steering System
Carrier Assy Spare Wheel
Ball Joint
Engine Mounting
Shock Absorber (depan-belakang)
Coil Spring (depan-belakang)
Stabilizer (depan-belakang)
Kantung udara (penumpang+driver)
Rem tangan
Power Window
Alternator
Kunci2 silinder
Setir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com