Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Singkat Ford di Indonesia

Kompas.com - 26/01/2016, 08:21 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Ford merupakan merek mobil asal Amerika Serikat (AS) yang sudah dikenal di seluruh dunia. Di pasar otomotif nasional, Ford juga bukan pemain baru, sebab namanya sudah akrab didengar sejak 1950-an.

Sontak, keputusan PT Ford Motor Indonesia (FMI) mengakhiri segala aktivitasnya di Indonesia membuat sejumlah kalangan merasa kaget dan sedih. Sebab, dari segi penjualan, Ford di Indonesia tidak terlalu jelek. Tahun lalu saja berhasil menjual 4.986 unit.

Nah, bagi Anda yang belum tahu sejarah Ford di Indonesia, berikut ini pemaparannya:

PT Ford Motor Indonesia (FMI) telah didirikan pada 12 Juli 2000 dan telah mendapatkan hak sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Indonesia. Mulai 2001, FMI mulai mendistribusikan mobil-mobil Ford di Tanah Air.

Stanly/Otomania Peluncurnan all new Ford Ranger

Menginjak 2002, FMI berhasil menjadi sorotan masyarakat Indonesia, karena berhasil meluncurkan Ford Ranger dan membuka diler 3S (Sales, Service dan Sparepart) pertama di Indonesia, tempatnya di Jakarta Selatan. 2003, FMI meluncurkan New Ranger dan September 2003 Everest juga diluncurkan.

Masuk 2005, tepatnya Juli, FMI meluncurkan Focus. Satu sahun setelahnya meluncurkan Escape Sporty dan Focus 2.0-liter.

Genap di 2010, FMI melakukan ubahan pada Everest dan meluncurkan hatchback Fiesta, tepatnya 23 Juli 2010. Focus juga mengalami ubahan sedikit. Pada 2011, FMI kembali meluncurkan Ranger model terbaru.

-

Selang satu tahun, FMI mulai meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) bawah EcoSport dan di 2013 FMI mulai menghadirkan mesin 3 silinder terbaik dunia dan Ecoboost 1.0-liter di 2014.

Tahun lalu, FMI juga banyak meluncurkan produk baru, seperti New Ranger, New Focus dan All New Everest. Penjualannya juga sepanjang 2015 terbilang cukup baik, yakni dengan perolehan angka 4.986 unit secara wholesales (dari pabrik ke diler).

Di awal 2016 ini, FMI harus menelan pil pahit. Tepat pada Senin (25/1/2016), FMI mengumumkan untuk menghentikan operasinya di Indonesia yang dimulai pada paruh kedua tahun ini.

Berikut pernyataan resmi FMI:

"Hari ini kami telah mengumumkan keputusan bisnis yang sulit untuk mundur dari seluruh operasi kami di Indonesia pada paruh kedua tahun ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford.

Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat terus mengunjungi dealer Ford untuk semua dukungan layanan penjualan, servis, dan garansi hingga beberapa waktu ke depan tahun ini. Kami berkomitmen untuk menyediakan kesinambungan dukungan pelayanan servis dan garansi setelah kepergian kami dan akan menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian untuk memberitahukan mengenai pengaturan yang baru.

Kami berterima kasih atas minat, dukungan, dan kesetiaan Anda terhadap merek Ford. Dan kami akan terus mengkomunikasikan perkembangan yang ada melalui website ini dalam melalui fase peralihan ini.

Apabila Anda ada pertanyaan, silakan menghubungi Ford Customer Service kami di 0807-1-90-9000.

 

Hormat kami, 
Bagus Susanto
Managing Director, 
Ford Motor Indonesia
"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com