Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditutup, Penjualan Ford Masih "Lumayan"

Kompas.com - 25/01/2016, 18:49 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - PT Ford Motor Indonesia (FMI) resmi menutup operasinya di Indonesia. Keputusan yang kabarnya perintah langsung dari Ford global terbilang mengejutkan. Pasalnya, penjualan FMI pada tahun lalu juga tidak terlalu jeblok.

Berdasarkan data Gaikindo, secara wholesales FMI mampu menjual sebanyak 4.986 unit. Model yang paling laris adalah Ecosport 1.5 Titanium A/T yang terserap pasar sebanyak 2.046. Sisanya model seperti Focus, Fiesta, Everest atau Ranger terjual biasa-biasa saja dengan rata-rata puluhan unit.

Sementara rata-rata penjualan per bulan ada di angka 300-an unit. Penjualan tertinggi terjadi pada bulan September yang mencapai 889 unit.

Sedangkan berdasarkan data penjualan secara retail, FMI melepas 6.103 unit. Rata-rata per bulan ada di angka 400-an unit, dan penjualan tertinggi ada di bulan April, yakni 759 unit.

Semua produk Ford yang beredar di Indonesia berstatus CBU, kiriman dari Thailand dan Filipina.

Sebenarnya, bila dibandingkan dengan brand lain yang juga mengandalkan produknya secara impor, penjualan FMI bisa dibilang lumayan. Sebut saja duo Korea, Hyundai dan Kia yang hanya menjual di bawah 3.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com