Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telusur Perlengkapan Kabin March 1.2L A/T

Kompas.com - 25/01/2016, 15:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Soal busana MarchInVashion pada Nissan March 1.2L A/T sudah diulas kini saatnya masuk ke kabin. Apa sih yang didapat konsumen kalau beli mobil kota yang dijual Rp 170,5 – Rp 189,9 juta ini?

Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan March 1.2L A/T.
Nuansa pertama saat masuk ke ruang penumpang kesan penampang desain keseluruhan membulat. Konsep “bulat-bulat” seperti ini sebenarnya sudah mencuat dari bentuk bodi March lantas diteruskan hingga kabin.

Febri Ardani/KompasOtomotif Perlengkapan Nissan March 1.2L A/T, kemudi sudah dilengkapi kontrol audio, AC otomatis, dan multi-information display pada instrument cluster.
Bentuk dasbor March nyaris tanpa siku. Mulai dari tombol klakson, lubang dan panel AC, instrument cluster, sampai ke tempat penyimpanan semuanya bundar. Selama tiga hari menjajalnya jalan-jalan di sekitaran Jakarta dua pekan lalu, kabin March bisa menggiring psikologi pengemudi dan penumpang lebih tenang karena kederhanaan desainnya.

Sederhana bukan berarti murahan, pasalnya March sudah dilengkapi berbagai perlengkapan modern. Mesti diingat paket fitur pada mobil ini disesuaikan harga, jadi jauhkan pikiran soal tambahan fitur seperti sunroof atau cruise control misalnya.

Dari sisi pengemudi, lingkar setir sudah dilengkapi tombol pengaturan audio. Headunit tipe 2DIN bisa memutar lagu dari CD dan radio. Meski begitu sayangnya koneksi ke ponsel via nirkabel belum tersedia, satu-satunya cara menggunakan kabel AUX atau USB. Kualitas suara lumayan, speaker terletak di pintu depan dan belakang tapi tanpa tweeter.

Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana kabin Nissan March 1.2L A/T.
Pengemudi juga disajikan multi-information display (MID) pada layar digital di instrument cluster. Isinya indikator jarak perjalanan dan odometer. Selain itu pengemudi yang mau belajar mengemudi irit makin mudah karena sudah dilengkapi estimasi jarak tempuh berdasarkan kondisi bahan bakar, rata-rata dan real time konsumsi bahan bakar.

Fitur penting lain pendukung kenyamanan, sistem AC otomatis. Paling berguna saat mau pakai mobil setelah parkir lama di bawah terik matahari, bila fungsi otomatis aktif maka blower AC bakal berhembus kencang hingga mencapai batas suhu yang ditentukan. Setelah mencapai suhu, hembusan berkurang hanya untuk menjaganya tetap stabil.

Febri Ardani/KompasOtomotif Fungsionalitas kabin Nissan March 1.2L A/T.
Kemudahan lain yang ditawarkan, spion elektrik tapi belum bisa melipat otomatis, ruang penyimpanan praktis pada dasbor di hadapan penumpang depan, soket power outlet, jok belakang bisa dilipat 60:40 untuk dapat ruang bagasi lebih hingga 251 liter, dan power window pada semua jendela,. Soal keamanan, March dilengkapi kantung udara di depan pengemudi.

Febri Ardani/KompasOtomotif Kapasitas bagasi Nissan March 1.2L A/T mencapai 251 liter bila jok tengah dilipat.
Varian March 1.2L A/T belum dillengkapi tombol start/stop dan intelligent key, fitur ini hanya tersedia di varian 1.5L. Fitur lain yang sebenarnya ada pada kelas tertinggi tapi tidak ada di varian ini misalnya sensor parkir mundur dan vehicle dynamic control.

Kesimpulan

Rival March yaitu Toyota Etios, Kia Picanto, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Honda Brio, semuanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mungkin satu-satunya yang tidak bisa dibandingkan hanya pada Etios karena tidak punya transmisi otomatis.

Tapi selain itu March 1.2L A/T adalah salah satu mobil kota di Indonesia yang menawarkan paket lengkap sesuai harga.

Rentang harga Nissan March 1.2L juga bersinggungan dengan level bawah MPV “Sejuta Umat”. Dari perlengkapan sebenarnya konsumen pemilih hatchback rata-rata mendapat fitur serupa, tapi tentu ada perbedannya dibanding MPV seperti fungsionalitas, gaya berkendara, radius putar, dan image.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com