Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"First Date" Bersama Generasi Baru Toyota Fortuner

Kompas.com - 25/01/2016, 13:25 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Usai acara peluncuran All New Fortuner, Jumat (22/1/2016), PT Toyota Astra Motor (TAM) mengajak seluruh awak media otomotif nasional untuk mengujinya. TAM sudah menyediakan tempat khusus, di pelataran parkir salah satu mal di Jakarta Selatan, sehingga bisa langsung merasakan bagaimana ketangguhan Fortuner generasi kedua ini.

Saat sesi test drive, awak media diberikan kesempatan untuk menguji Fortuner terbaru berpenggerak roda 4x2 dan 4x4. Masing-masing sudah disediakan treknya, tetapi yang 4x4 hanya menjadi penumpang, karena medannya cukup berat dan hanya bisa dilakukan oleh pengemudi yang profesional.

Nah, mau tahu bagaimana ketangguhan All New Fortuner berpenggerak roda 4x2 dan 4x4 bermesin diesel ini? Berikut pemaparannya:

Fortuner 4x2 Diesel

Aditya Maulana, KompasOtomotif Salah satu rintangan yang harus dilewati oleh All New Fortuner 4x2

Sesi pertama, KompasOtomotif memilih untuk menguji All New Fortuner 2.4-liter diesel 4X2 dan duduk sebagai pengemudi. Setelah diberikan arahan oleh instruktur yang duduk di jok depan, mobil pun langsung melaju.

Pengujian di trek 4X2 ini rintangannya cukup beragam. Pertama menguji fitur pengereman Anti Lock Braking System (ABS). Sang instruktur meminta KompasOtomotif untuk menginjak pedal gas sedalam-dalamnya kemudian melakukan pengereman secara mendadak.

“Jalannya sudah dibuat licin dan nanti silahkan menginjak pedal rem sedalam-dalamnya. Ini untuk menunjukan bahwa fitur ABS-nya berfungsi dan meski licin mobil tetap sesuai dengan jalur atau tidak membuang,” kata instruktur itu.

Setelah dibuktikan, ternyata fitur pengereman ABS di Fortuner terbaru ini benar-benar berfungsi dengan baik. Mobil tetap berada di jalannya dan tidak membuang ke kanan atau ke kiri.

Setelah itu, treknya dibuat bergelombang, ada polisi tidur dan beton yang disusun, cukup tinggi ukurannya. Fungsinya, untuk membuktikan bahwa Fortuner ini memiliki ground clearance yang tinggi.

Tetapi sayang, di brosur dan di rilis yang disebarkan PT TAM, tidak ada data berapa ground clearance Fortuner terbaru ini.

Hasil pengujiannya memang benar, semua rintangan jalan bergelombang mampu dilewati dengan lancar tanpa terjadi benturan bagian bawah. Tetapi, menurut KompasOtomotif, kekurangannya akselerasinya atau putaran bawahnya masih terasa "lemot".

Buktinya, ketika kendaraan dalam posisi diam, lalu pedal gas diinjak sedalam-dalamnya, hentakan "menjambak" tidak terlalu terasa dan sedikit ada jeda sekitar beberapa detik.

Fortuner Diesel 4x4

Aditya Maulana, KompasOtomotif Sesi test drive Toyota All New Fortuner di Senayan City, Jumat (22/1/2016).

Tiba saatnya mengetahui seberapa tangguh Sport Utility Vehicle (SUV) menengah Toyota ini diajak melintas medan off-road. Saat itu, KompasOtomotif duduk sebagai penumpang di baris kedua. Di dalam mobil jumlahnya empat orang.

Pertama, instruktur membawa All New Fortuner bermesin diesel 2.4-liter 4X4 ini ke rintangan jalan miring. Di jalan tersebut, berhasil dilewati dengan sempurna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com