Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelisik Kemiripan Toyota “All New” Fortuner dan Hilux

Kompas.com - 22/01/2016, 19:45 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota All New Fortuner diproduksi menggunakan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV), sama seperti Kijang Innova dan Hilux. Oleh karena itu, disebutkan ada kemiripan antara Fortuner dan Hilux.

Hiroki Nakajima, Executive Chief Engineer Toyota Motor Corporation menjelaskan, Fortuner generasi terbaru ini memang diproduksi menggunakan platform IMV. Sehingga, dari segi desain sebenarnya ada kemiripan dengan Hilux. Tetapi, jika tidak dilihat dengan teliti maka akan sulit melihat kemiripannya itu.

“Kita memang membuat ada kemiripan antara Fortuner terbaru dan Hilux yang sudah diluncurkan tahun lalu. Tetapi, kemiripannya susah dilihat jika kita tidak teliti,” kata Nakajima saat sesi tanya jawab dengan awak media di acara peluncuran All New Fortuner di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Pria asal Jepang itu menambahkan, persamaan antara Fortuner dan Hilux terdapat di bagian depan dan kaki-kaki. Jika dilihat seksama, ada kemiripan yang cukup besar. Tetapi sayang ia tidak menjelaskannya secara detail.

All New Fortuner itu hadir dengan desain bodi yang menggabungkan unsur stylish dan cool. Karakter tangguhnya bisa dilihat pada bagian depan terdapat engine hood di tipe mesin diesel.

Peleknya menggunakan ukuran 18 inci dengan warna abu-abu gelap pada tipe VRZ dan SRZ, serta Alloy Wheel abu-abu gelap, tetapi ukurannya 17 inci untuk tipe G.

Donny Apriliananda/Kompas.com Toyota Hilux diajak berenang di kubangan.

Sementara untuk generasi baru Hilux, memiliki tampang yang semakin klimis. Bak pria mapan, mobil ini tampak parlente dengan rambut stylish dan sepatu necis. Kesan macho tetap ada, namun tidak signifikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com