Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Sienta Debut di IIMS 2016?

Kompas.com - 20/01/2016, 10:32 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Indonesia kabarnya mengakselerasi produksi Sienta dari rencana pada semester kedua 2016 menjadi April. Informasi lanjutannya, MPV yang muat sampai 7-penumpang itu siap dipamerkan pertama kali, pada ajang otomotif besar yang akan digelar pada 7 – 17 April 2016, Indonesia International Motor Show (IIMS).

Sumber dari Toyota Indonesia mengatakan, Senin (18/1/2016), kemungkinan unit yang melantai bukan produksi dalam negeri melainkan masih diimpor langsung dari Jepang.Hingga saat ini produksi Sienta hanya dilakukan di pabrik Toyota di Ohira, Miyagi, Jepang.

Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Sienta Hearts di Tokyo Motor Show 2015.
Indonesia didaulat jadi basis produksi kedua dan bertugas mengekspor Sienta ke Asia Tenggara. Produksinya di dalam negeri dilakukan di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang Plant II, Jawa Barat.

Keterangan lain yang diungkap sumber, Toyota Indonesia pada IIMS 2016 siap menampung ketertarikan calon konsumen. Pemesanan yang dikumpulkan akan mendapat kuota awal produksi TMMIN. Visibilitas produksi Sienta mencapai 25.000 unit hingga akhir 2016 di Tanah Air, 80 persen dari itu untuk pasar domestik.

Sienta dengan penggerak roda depan menggunakan mesin bensin 2NR-FKE 1.5L yang dikombinasikan dengan transmisi Super CVT-i. Mesin baru itu juga diproduksi TMMIN di pabrik yang berdekatan dengan lokasi kelahiran SIenta, yaitu Karawang III, mulai Februari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com