Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Patenkan "Mobil Lipat"

Kompas.com - 19/01/2016, 15:46 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Virginia, KompasOtomotif — Hyundai terendus sedang merencanakan sesuatu yang inovatif untuk masa depan mobil. Dari dokumentasi yang masuk ke United States Patent and Trademark Office, pabrikan terbesar asal Korea Selatan itu ternyata merancang mobil kota yang bisa "dilipat".

Sketsa paten yang dipublikasikan, Kamis (14/1/2016), menunjukkan adanya lantai mobil yang menyambung dengan roda depan dan belakang. Konfigurasi itu mungkin terlihat sederhana, tetapi ternyata pengaplikasiannya menarik. Lantai bisa digeser jadi tumpang tindih hingga jarak poros roda berkurang atau bertambah.

Bagian depan dan belakang mobil memiliki engsel pada lantai, jadi bisa terbuka ke depan atau ke belakang. Saat bagian depan atau belakang sedang dilipat, atap mobil bisa disimpan di dalam kabin.

Cara kerjanya mungkin sulit dimengerti. Gambar-gambar paten juga tidak terlalu bisa menunjukkan penjelasan karena hanya berwarna hitam putih. Bahasa sederhananya, mungkin Hyundai mau merangkai mobil dengan prinsip kerja seperti pisau lipat terkenal dari Swiss, Victorinox.

Mobil kota yang "melipat" bakal jadi salah satu solusi di tengah lahan parkir yang terbatas di kota-kota besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com