Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Luncurkan "Skutik Balap" Aerox 125cc

Kompas.com - 18/01/2016, 11:37 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Bogor, KompasOtomotif - Sempat menghiasi dunia maya dengan banyak spyshot dan informasi awal, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya menunjukkan sosok Aerox 125LC. Skutik berwajah sport yang diklaim berperforma tinggi dan pergerakan lincah in diluncurkan di Sirkuit Sentul, Bogor, Senin (18/1/2015).

Aerox sebenarnya adalah wajah lama yang sudah melegenda di Eropa. Di sana, sepeda motor ini dibekali mesin 50 cc 4-tak dan 2-tak, dan dijual dalam tiga varian. YIMM dipercaya untuk memproduksi dan meluncurkan kasta tertingginya dengan mesin 125 cc LC (Liquid Cooled) 4-tak.

"Sepeda motor ini punya karakter yang unik. Dia punya tiga konsep utama, yakni gaya balap (racing style), performa yang tinggi, dan lincah bermanuver. Ini membuat Aerox 125LC punya semangat balap di perkotaan (racing spirit in a city)," ujar Minoru Morimoto, Presiden Direktur YIMM.

Donny Apriliananda/Kompas.com Yamaha "tembakkan" amunisi kedua, skutik bergaya balap guna bersaing di segmen premium.

Sebagai motor berjiwa sporty, Aerox 125LC punya desain bodi berkarakter motor sport, dilihat dari bagian depan yang terinspirasi dari air duct YZR-M1. Menariknya, lampu sudah mengadopsi teknologi LED.

Mesin SOHC 4-tak yang menjadi tenaga penggerak diklaim bertenaga 11,42 PS @9.000 rpm, dan torsi maksimal 10,4 Nm @6.500 rpm. Mesin ini identik dengan Soul GT 125, namun bedanya, mesin sudah di-adjust dan tak dibekali teknologi Blue Core untuk fokus pada performa yang prima.

YIMM sudah mulai menjual sepeda motor ini dengan banderol Rp 18,3 juta on the road Jakarta. Ada tiga warna yang bisa dipilih, Racing Blue (biru-putih), Champion Matt Grey (abu-abu-merah), dan Light Speed White (putih-merah).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com