Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Toyota Indonesia Mulai Lahirkan Teknisi Andal

Kompas.com - 15/01/2016, 17:31 WIB
Agung Kurniawan

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif - Demi meningkatkan daya saing, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai salah satu basis produksi di wilayah regional Asia Pasifik, harus berbuat sesuatu. Tujuan utamanya, agar bisa memanfaatkan kesempatan dan mengindari ancaman dari bergulirnya era perdagangan bebas.

Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN, mengatakan, berbagai macam perjanjian ekonomi dengan satu negara atau lebih membuat persaingan semakin ketat. Tanpa persiapan, justru bisa membuat industri otomotif di Indonesia kalah bersaing.

"Jadi ibaratnya kalau lomba lari ada sepuluh peserta, kita harus bisa finis minimal kedua atau ketiga. Jangan malah jadi yang terakhir," ucap Warih di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (15/1/2016).

Memasuki 2016, pihak TMMIN mengaku akan lebih fokus dalam memperkuat struktur industri dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Urusan struktur industri berkait dengan rencana peningkatan konten lokal, terutama dari perushaan pemasok dalam negeri, di level tier dua dan tiga.

Sedangkan urusan SDM, kampus Akademi Toyota Indonesia (Toyota Indonesia Academy/TIA) segera melahirkan angkatan pertamanya, setingkat bangku kuliah Diploma 1 jurusan Akademi Manufaktur Otomotif. Kampus ini bakal melahirkan SDM siap pakai dengan kompetensi yang mampu bersaing secara global.

Selain itu, TMMIN juga berencana membangun satu fasilitas pusat pelatihan tambahan, sehingga nantinya berjumlah tiga fasilitas. Untuk menciptakan kampus TIA, TMMIN mengaku telah mengeluarkan dana tidak kurang dari Rp 70 miliar, ketika proyek ini mukai bergulir sejak Oktober 2015 lalu.

Bukti kualitas SDM Toyota dari Indonesia, dibuktikan lewat ajang World Skill Contest, di Sao Paulo Brazil, Agustus 2015. Karyawan TMMIN berhasil meraih medali perak untuk bidang Plastic Die Engineering dan perunggu untuk bidang Prototype Modeling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com