Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu: Ledakan Bom Bisa Mempengaruhi Industri Otomotif

Kompas.com - 14/01/2016, 18:35 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif - Ledakan bom di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, terjadi  Kamis (14/1/2016), pukul 10.50 WIB. Menurut PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kejadian itu bisa berdampak negatif terhadap industri otomotif nasional.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM mengatakan, imbas ledakan bom, nilar tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) akan kembali anjlok. Otomatis, industri otomotif nasional juga terkena dampaknya, karena nilai tukar bisa mempengaruhi segalanya, terutama harga mobil.

“Ledakan bom ini sangat berpengaruh sekali terhadap industri otomotif nasional. Rupiah bakalan anjlok lagi kalau kondisinya seperti ini,” kata wanita yang akrab disapa Amel diacara Konferensi Pers Daihatsu Awal 2016 di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (14/1/2016).

Tetapi, Amel berharap dampak negatifnya ini tidak akan berlangsung lama. Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS juga diharapkan tidak terlalu menurun drastis, sehingga pengaruhnya ke industri otomotif nasional terutama pada penjualan kendaraan tidak berkepanjangan.

“Kita turut berduka dan meski berpengaruh tidak akan berlangsung lama,” kata Amel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com