Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selubung "All New" Fortuner Dibuka Sebelum Meluncur

Kompas.com - 11/01/2016, 17:22 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Entah jadi tren baru atau kurang percaya diri, tetapi Toyota Indonesia kembali menggulirkan informasi model baru sebelum resmi diluncurkan. Biasanya, informasi seputar model baru tertutup rapat sampai hari peluncuran terjadi, tapi ini sebaliknya.

PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan waktu peluncuran generasi terbaru Fortuner di Indonesia. “Kami pastikan peluncuran All New Fortuner akan dilakukan pada bulan ini agar pelanggan bisa segera merasakan perfoma kendaraan sport utility dalam konsep 'Leading the World',” kata Presiden Direktur TAM Hiroyuki Fukui, dalam siaran pers, Senin (11/1/2016).

"All New" Fortuner diproduksi menggunakan platform sama dengan generasi baru Kijang Innova dan Hilux yang sudah meluncur tahun lalu, yakni Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV). Fortuner dianggap sebagai basis produksi strategis dalam peta global Toyota oleh prinsipal, Toyota Motor Corporation (TMC).

TAM Desain benar-benar baru dengan sepasang mesin baru, bensin dan diesel.

Ubahan Fortuner

Punya sebutan generasi terbaru, Fortuner hadir dengan segala ubahanya. Desain bodi diklaim menggabungkan unsur stylish dan cool. Teknologi mesin baru, yakni diesel berseri GD dengan VN-Turbo Intercooler dan New TR Dual VVT-i Technology menjanjikan performa sport utility vehicle (SUV) menengah yang lebih tangguh dibandingkan model sebelumnya. Singkat kata, kedua mesin baru ini menawarkan performa lebih baik tapi tetap irit dan minim getaran.

Masing-masing mesin tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis enam percepatan. Sama seperti Innova baru, mesin juga bisa dinikmati dalam tiga moda berkendara, standar, Eco, atau Power untuk tipe transmisi otomatis.

All New Fortuner ditawarkan dalam empat varian, yakni mesin bensin 2.7 liter SRZ berpenggrak 4x2 dengan transmisi A/T. Juga ada varian mesin diesel 2.4 liter G dengan dua pilihan transmisi manual dan otomatis. Terakhir, varian diesel 2.4 liter VRZ yang cuma ditawarkan dalam transmisi otomatis.

TAM Ada pilihan moda berkendara standar, power, dan eco yang bisa dipilih pengemudi.

Ada dua pilihan warna baru, yakni Avantgarde Brown Metallic dan Phantom Brown Metallic. Satu fitur baru yang membuat Fortuner terasa lebih mewah, adalah hadirnya Power Back Door untuk memberikan kenyamanan saat pengoperasian pintu bagasi.

"All New Fortuner yang merupakan hasil produksi anak bangsa di pabrik Toyota Karawang. Dengan kehadiran varian baru, VRZ dan SRZ, kami berharap Fortuner akan mendapat respons yang positif dari masyarakat Indonesia, sama seperti Kijang Innova yang meluncur November dan Hilux pada Agustus lalu,”  kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Belum ada informasi seputar harga Fortuner dalam keterangan resmi ini!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com