Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Bikin "Robot Ngebut"-nya Semakin Pintar

Kompas.com - 08/01/2016, 14:38 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Iwata, KompasOtomotif – Yamaha Motor Co. Ltd mengumumkan, (7/1/2016), bahwa robot humanoid yang diproyeksikan bisa mengendarai sepeda motor telah memasuki fase krusial. Teknologi yang disebut Motobot itu akan dijejali berbagai pengembangan teknologi agar bisa ngebut sampai 200 kpj di sirkuit betulan.

Produsen berlogo garputala itu tetap menyatakan bekerjasama dengan SRI International, dan presentasi lengkap akan disampaikan dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016 di Las Vegas, Amerika Serikat, (8/1/2016).

Robot yang muncul perdana di Tokyo Motor Show 2015 lalu itu kini serius menjalani penerapan teknologi baru meliputi beberapa sensor, misalnya GPS, IMU, dan sebagainya. Ini akan membantu robot mengetahui bagaimana dan di mana letak trek.

Yamaha juga berencana untuk menambah ”pelajaran” baru buat sang robot untuk memilih racing line sendiri, hingga menggenjot performa dan kapabilitas sepeda motor. SRI International dengan pengalamanannya di bidang teknologi akan membantu mewujudkan hal ini.

Robot akan menyimpan data, lalu digunakan sebagai metode baru pengembangan sepeda motor. Hubungan antara masukan rider dan karakter sepeda motor akan dengan mudah diperoleh, demi menciptakan sepeda motor yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com