Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Suzuki Soal Fitur ABS dan EBD pada Dreza

Kompas.com - 08/01/2016, 10:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Saat pertama kali diluncurkan, Suzuki langsung menyematkan kelengkapan keselamatan aktif Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-Force Distribution (EBD) pada varian GX. Namun, ketika model facelift New Ertiga meluncur 2015 lalu, fitur ini dihilangkan pada varian yang sama. Baru, setelah meluncurkan varian termewah, Dreza, Januari 2016, fitur ini kembali ditawarkan.

Donny Saputra, Kepala Pengembangan Produk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, hal tersebut dilakukan hanya sebagai strategi fitur yang diterapkan oleh Suzuki. Karena, bisa saja varian lain ikut disematkan fitur ABS dan EBD.

“Kita tidak plin-plan karena ini merupakan strategi fitur dari kita. Varian lain bisa juga dipasangkan fitur ini karena semuanya tergantung dari permintaan pasar dan hasil penelitian dari kita,” ucap Donny saat Press Conference New Ertiga Dreza di X2 Lounge, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (7/1/2016) malam.

Ghulam/Otomania Interior New Ertiga Dreza.

Donny melanjutkan, jika Ertiga tipe lain saat dilakukan survei ternyata konsumennya juga menginginkan fitur ABS dan EBD maka akan langsung direalisasikan. Saat ini menurutnya, konsumen Ertiga tipe lain belum terlalu menginginkan kedua fitur tersebut.

“Kita sesuaikan dengan penelitian di pasar yang kita lakukan dan permintaan dari pasar itu sendiri. Jadi bukan masalah plin-plan, tetapi lebih kepada strategi fitur saja,” kata Donny.

Selain ABS dan EBD, kedua tipe New Ertiga Dreza, yakni Dreza standard an Dreza GS juga memiliki kelengkapan lain seperti Child Proof Rear Door Lock, Keyless Entry, dan Immobilizer Key.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com