Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Hemat Bikin Supermoto

Kompas.com - 08/01/2016, 10:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memodifikasi sepeda motor trail menjadi supermoto bisa dibilang tidak murah. Kelihatannya simpel, cukup dengan penggantian kaki-kaki saja. Tapi, jika dirunut lebih lengkap, item penggantian sangat banyak, dan jelas memakan biaya cukup mahal.

Kendati demikian, ada kiat untuk tampil gaya dengan tunggangan supermoto, tapi dengan biaya minim. Lerry Rahmat Rizky, pemilik bengkel CAOS Custombike di Jl Pancoran Barat 8 no 6c mengatakan bahwa intinya adalah fokus pada kaki-kaki.

”Ya memang cuma kaki-kaki yang membedakan supermoto dengan trail biasa. Kalau minim budget, solusinya dimaksimalkan di sektor ini,” ucap Lerry ditemui KompasOtomotif di bengkelnya, (6/1/2016).

Bagaimana penerapannya? Lerry menjelaskan, lebih baik mengorbankan ban untuk membeli pelek yang berkualitas baik. Alasannya, pelek bagus, tidak gampang rusak. Sementara ban cepat abis dan bakal sering mengganti.

”Pemakai supermoto itu merasa pede. Ada lubang dihajar, nggak pakai mikir dulu. Makanya, biar tidak cepat bengkok, pilih pelek yang mumpuni,” kata Lerry.

Cukup murah, satu set pelek yang tergolong mahal, minimal merek TK Racing, hanya Rp 2 jutaan. Kalau ingin murah, kata Lerry, masih ada pelek Rp 1 jutaan, tapi kekuatannya tidak menjamin.

Setelah itu, pilih ban lokal yang sudah cukup baik, tak sampai Rp 2 juta. Bandingkan dengan ban impor seperti Pirelli, Avon, Metzeler yang mencapai Rp 4-5 juta.

Rp 4-5 juta sudah mengubah trail ”biasa” menjadi supermoto sederhana. Ubahan ini saja menurut Lerry sudah cukup untuk ditunggangi harian.

Kalau ingin lebih detail dan biaya yang lebih mahal, ada tingkatan lagi yang lebih tinggi. Biasanya mulai mengganti lengan ayun, sokbreker depan upside down, dan berbagai aksesori lainnya. KompasOtomotif akan memberikan perkiraan harga untuk level lebih tinggi di artikel berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com